Strategi Pengembangan Usaha Pengolahan Ikan di UKM Malang Margo Utama, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur dengan Pendekatan Business Model Canvas dan Blue Ocean Strategy
Main Author: | Fadchurrozie, Machful Hidayat |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/170892/ |
Daftar Isi:
- Semakin ketatnya persaingan usaha dan semakin banyaknya pesaing yang menjalankan usaha sejenis, maka perlu untuk menyusun strategi yang diterapkan agar dapat bertahan serta memenangkan persaingan bisnis di pasar. Maka dari itu untuk mengembangkan bisnis yang dijalankan diperlukan mempersiapkan strategi inovasi bisnis. Dalam hal ini UKM Malang Margo Utama sebaiknya memiliki model bisnis yang dapat bertahan dan memenangkan persaingan bisnis di pasar. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis Business Model Canvas yang dijalankan UKM Malang Margo Utama, menganalisis strategi pengembangan usaha UKM Malang Margo Utama dan menganalisis perspektif model bisnis dengan Blue Ocean Strategy pada UKM Malang Margo Utama. Metode penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan metode deskriptif melalui pendekatan studi kasus.. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis Business Model Canvas, identifikasi SWOT dalam Business Model Canvas, matriks strategi eksternal/ Eksternal Strategic Factors Analysis Summary (EFAS), matriks strategi internal/ Internal Strategic Factors Analysis Summary (IFAS), diagram analisis SWOT, matriks SWOT dan perspektif Blue Ocean Strategy. Berdasarkan hasil penelitian Business Model Canvas yang sedang dijalankan oleh UKM Malang Margo Utama adalah pada komponen Customer Segments (Segmen Pelanggan) yaitu pasar ceruk seperti ibu-ibu rumah tangga dan mahasiswa atau anak-anak muda. Komponen Value Propositions (Proposisi Nilai) yaitu kustomisasi seperti varian jenis, ukuran dan rasa, menyelesaikan pekerjaan seperti praktis dan efisien, harga yang terjangkau, kemampuan akses seperti website, sosial media, aplikasi Go-Food. Komponen Channels (Saluran Distribusi) yaitu secara langsung, tidak langsung, melakukan kesadaran, evaluasi, pembelian, penyampaian dan purnajual kepada pelanggan. Komponen Customer Relationship (Hubungan Pelanggan) yaitu bantuan personal kepada pelanggan. Komponen Revenue Streams (Arus Pendapatan) yaitu penjualan produk olahan ikan tuna. Komponen Key Resources (Kunci Sumberdaya) terdiri dari fisik, intelektual, manusia dan finansial. Komponen Key Activities (Kunci Aktivitas) yaitu pra-produksi, produksi dan pemasaran. Komponen Key Partnerships (Kunci Kemitraan) yaitu kemitraan antar non pesaing dan kemitraan hubungan pembeli dengan pemasok. Sedangkan komponen Cost Structure (Struktur Biaya) terdiri dari biaya tetap dan biaya variabel Berdasarkan hasil penelitian menghasilkan strategi agresif atau strategi SO (Strenghts-Opportunities) sehingga dalam pengembangan usaha memaksimalkan kekuatan dan memanfaatkan peluang. vi Berdasarkan hasil penelitian Business Model Canvas yang disempurnakan dengan perspektif Blue Ocean Strategy adalah pada komponen Customer Segments (Segmen Pelanggan) yaitu menciptakan perluasan segmen pelanggan. Komponen Value Propositions (Proposisi Nilai) yaitu menciptakan deferensiasi produk. Komponen Channels (Saluran Distribusi) yaitu meningkatkan kesadaran atau memperkenalkan pelanggan mengenai proposisi nilai produk yang ditawarkan, meningkatkan evaluasi dari pelanggan berupa menyediakan konten menarik dan meningkatkan purnajual (aftersales) kepada pelanggan. Komponen Customer Relationship (Hubungan Pelanggan) yaitu meningkatkan bantuan personal kepada pelanggan. Komponen Revenue Streams (Arus Pendapatan) yaitu mengalami peningkatan karena pada komponen Customer Segments (Segmen Pelanggan) menciptakan perluasan segmen pelanggan dan pada komponen Customer Relationship (Hubungan Pelanggan) meningkatkan pelayanan, sehingga mempengaruhi permintaan produk serta arus pendapatan menjadi meningkat. Komponen Key Resources (Kunci Sumberdaya) yaitu menciptakan database pelanggan. Komponen Key Activities (Kunci Aktivitas) yaitu meningkatkan aktivitas pra-produksi, produksi, pemasaran offline dan online serta menciptakan aktivitas iklan berbasis online seperti Google my businesss, Instagram Ads dan Facebook Ads. Komponen Key Partnerships (Kunci Kemitraan) yaitu meningkatkan kemitraan yang ada dan menciptakan kemitraan yang baru dengan pihak pemerintah. Sedangkan komponen Cost Structure (Struktur Biaya) yaitu meningkatkan biaya tetap dan biaya variabel, karena pada komponen Key Partnerships (Kunci Kemitraan) dan komponen Key Activities (Kunci Aktivitas) mengalami peningkatan. Namun, komponen Key Partnership (Kunci Kemitraan) dapat meminimalkan biaya yang dikeluarkan, karena mendapatkan harga khusus.