Penentuan Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Yoghurt Dengan Pendekatan Product Life Cycle
Main Author: | Fitri, Noviatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/1708/1/Noviatul%20Fitri.pdf http://repository.ub.ac.id/1708/ |
Daftar Isi:
- PT. Kusumasatria Agrobio Taniperkasa dari tahun 2012 sudah mulai memasarkan produk yoghurt dengan nama mereknya yoguku. Produk yoguku dari awal penjualan sampai sekarang produksinya masih rendah jika dibandingkan dengan kapasitas perusahaan, itu dikarenakan pangsa pasar yang dimiliki oleh produk yoguku masih rendah. Perusahaan seharusnya bisa melakukan produksi terus-menerus selama hari aktif kerja, tetapi karena permintaan dari pasar masih sedikit sehingga perusahaan hanya memproduksi dalam semingu 2 sampai 3 hari saja. Hasil penjualan produk yoguku masih sedikit padahal produk ini sudah beredar dipasaran sejak tahun 2012. Melihat permasalahan produk yoguku ini jika ditinjau dari product life cycle produk yoguku selama lima tahun dari awal peluncuran sampai sekarang belum berhasil melewati tahap introduction. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui posisi produk yoguku dibandingkan dengan pesaing yang ada dipasaran dan membuat strategi agar penjualan yoguku lebih meningkat. Menentukan posisi produk yoguku dibandingkan pesaing yang ada dipasaran menggunakan metode Boston Consulting Group, sedangkan penentuan strategi untuk meningkatkan penjualan menggunakan pendekatan Product Life Cyle. Berdasarkan kenyataan produk yoguku saat ini maka produk masuk kedalam ciri-ciri tahap introduction. Menentukan strategi dengan melihat ekuitas merek yoguku saat ini kemudian diperkuat ekuitas merek dengan menggunakan branding strategy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi produk yoguku dibandingkan dengan pesaing jika menggunakan metode Boston Consulting Group posisinya berada pada kuadran question mark yang mana arti kuadran ini menunjukkan bahwa market share produk ini masih rendah sedangkan growth rate menujukkan positif tumbuh tinggi. Strategi yang digunakan yang sesuai dengan tahapan introduction untuk meningkatkan penjualan adalah dengan branding strategy dengan harapan dapat meningkatkan ekuitas merek pada yoguku. Branding strategy yang dimaksud adalah dengan membawa nama besar Agrokusuma yang sudah memiliki citra yang bagus dimata konsumen. Citra perusahaan sebagai tempat wisata petik buah, dimana konsumen mengenal bahwa perusahaan Agrokusuma memiliki kebun yang luas dengan memiliki banyak variasi buah. Citra perusahaan ini dimasukkan kedalam produk yoguku salah satunya dengan mengganti selogan pada yoguku yaitu “Kesegaran buah dipetik langsung dari Kusuma Agrowisata”.