Pengaruh Persepsi Risiko Terhadap Minat Beli Online Dengan Kepercayaan Merek Sebagai Variabel Mediasi Pada Situs Belanja Shopee Di Kota Malang (Studi Pada Mahasiswa Program S1 Universitas Brawijaya Malang)
Main Author: | Lutfia, Annisa Hadi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/170640/1/Annisa%20Hadi%20Lutfia.pdf http://repository.ub.ac.id/170640/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi risiko terhadap minat beli online dan kepercayaan merek pengguna situs belanja Shopee di Kota Malang khususnya pada mahasiswa program studi S1 Universitas Brawijaya baik pengaruh secara langsung maupun tidak langsung. Sampel yang digunakan sebanyak 150 responden yang diambil dari populasi pengguna situs belanja Shopee. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan karakteristik sampel yang dipilih yaitu minimal berusia 17 tahun, mengetahui tentang situs belanja online bernama Shopee, dan belum pernah melakukan pembelian di situs belanja online Shopee. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis) dan uji hipotesis pengaruh variabel secara langsung dilakukan menggunakan uji t dengan menggunakan program SPSS 23, sedangkan uji hipotesis pengaruh tidak langsung dilakukan dengan sobel test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi risiko berpengaruh signifikan secara langsung terhadap kepercayaan merek dan minat beli online, kepercayaan merek berpengaruh signifikan secara langsung terhadap minat beli online, dan persepsi risiko secara tidak langsung berpengaruh signifikan terhadap minat beli online melalui kepercayaan merek.