Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penjualan Via Platform Online Marketplace Dan Pengaruhnya Terhadap Pendapatan Pelaku Ukm (Studi Pada Pelaku Ukm Di Kota Malang)
Main Author: | Mutianingrum, Retno Asih |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/170394/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan rendanya akses digital untuk transksi e-commerce via platform online marketplace pada sektor UKM menggambarkan bahwa sumber daya yang digunakan oleh pelaku UKM masih belum efektif dan efisien, padahal sektor tersebut menjadi sektor unggulan nasional yang memiliki kontribusi cukup tinggi untuk PDB dan kesempatan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi penjualan via platform online marketplace yang digunakan oleh pelaku UKM, apakah penjualan via online marketplace tersebut mampu mempengarui pendapatan baik secara langsung maupun tidak langsung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuatitatif deskriptif dengan variabel independen pada model pertama adalah kesiapan organisasional (KO), dorongan lingkunganb eksternal (DE) dan manfaat yang dirasakan (MD) sedangkan variabel dependen yang digunakan adala pnjualan via platform online marketplace (PE). Model kedua menggunakan variabel independen penjualan via platform online marketplace (PE) dan variabel depend yang digunakan adalah pendapatan (PEND) Melalui penggunaan metode Partial Least Squares (PLS), peneliti mengolah data yang diperoleh dari 50 responden pelaku UKM di Kota Malang dengan hasil penelitian yang menunjukkan seluruh variabel indepeden pada model pertama berpegaruh positif dan signifikan teradap variabel depedennya dan model kedua pun menunjukkan hasil bahwa variabel independen yang digunakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependennya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa semakin tinggi faktor-faktor yang mempengaruhi penjualan via online marketplace maka akan meningkatkan penjualan untuk transaksi e–commerce dan penjualan via platform online marketplace mampu membantu meningkatkan pendapatan pelaku UKM baik secara langsung maupun tidak langsung.