Strategi Penggalangan Dana Pada Gerakan #RioHaryantoF1 di Media Sosial Twitter Sebagai Gerakan Sosial Baru

Main Author: Burrahim, Ragah Inujaya
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/170362/
Daftar Isi:
  • Gerakan penggalangan dana bagi Rio Haryanto adalah gerakan yang dilakukan oleh akun @SahabatRio pada media sosial Twitter yang dinamakan dengan gerakan #RioHaryantoF1. Gerakan terjadi akibat Rio yang mempunyai kesempatan untuk menjadi pembalap pertama asal Indonesia yang berlaga pada ajang Formula1 namun terkendala masalah dana. Sedangkan belum ada bantuan dari Pemerintah Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa saja yang terjadi ketika gerakan dilakukan pada media sosial Twitter. Konsep yang digunakan yaitu konsep gerakan sosial baru dan unit analisis menggunakan paradigma mobilisasi sumberdaya milik McCarthy. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data yaitu pengumpulan data melalui dokumen. Data primer yang digunakan pada penelitian ini adalah data hasil pencarian menggunakan software R Studio yang didapatkan dari media sosial Twitter dengan fokus akun @SahabatRio sebagai penggagas gerakan Hasil dari penelitian ini adalah terdapat beberapa strategi yang dilakukan seperti penyebarluasan informasi gerakan, mengajak masyarakat untuk berkontribusi, membawa nama negara maupun kota asal Rio, memanfaatkan hari penting nasional, menjelaskan mengapa harus mendukung Rio, lalu gerakan yang mulanya berawal dari online pada media sosial Twitter juga disertai dengan gerakan offline seperti mendatangi kementerian, mengadakan gathering ‘gokart fun race’, dan pembagian stiker pada car free day di Kota Solo. Gerakan menjadi lehih mapan setelah adanya jaringan terhadap pemilik otoritas yaitu pemerintah yang dihasilkan dari adanya usaha komunikasi yang dilakukan oleh aktor-aktor gerakan pada media sosial Twitter.