Pengaruh Aplikasi Instagram @amazingmalang terhadap Tindakan Pengambilan Keputusan Wisatawan Dalam Menentukan Destinasi Wisata
Main Author: | Saputri, Arum Galuh |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/170361/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan teknologi internet yang semakin maju memunculkan berbagai platform media sosial seperti Instagram. Hal tersebut tidak dapat dipungkiri dengan hadirnya platform media sosial tersebut semakin dibutuhkan oleh setiap individu dalam kehidupan sehari-hari, seperti untuk berbisnis maupun berbagi informasi. Instagram memiliki pengaruh besar dalam pariwisata. Selain itu pariwisata sekarang ini juga membutuhkan platform media sosial untuk membantu menyebarkan informasi mengenai pariwisata. @amazingmalang merupakan salah satu akun Instagram yang memberikan informasi mengenai pariwisata. Melalui foto, video dan konten-konten yang menarik dapat menarik perhatian pengguna Instagram untuk melihat akun @amazingmalang dan mengunjungi tempat-tempat wisata tersebut. Berkat adanya perkembangan platform media sosial para wisatawan memiliki kesempatan yang besar dan mudah dalam mengakses platform instagram untuk mencari informasi mengenai pariwisata dan peluang pembelian atau pengambilan keputusan dengan bantuan perantara antara wisatawan dengan @amazingmalang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis mengenai pengaruh aplikasi Instagram @amazingmalang terhadap tidakan pengambilan keputusan wisatawan dalam menentukan destinasi wisata. Penelitian ini menggunakan konsep Web 2.0 dan teori perencanaan perilaku konsumen. Metode yang digunakan adalah Kualitatif deskriptif. Teknik penentuan teman bicara menggunakan purposive sampling. Dalam proses pengumpulan data melalui observasi-paritisipasi, wawancara, dan catatan lapang. Peneliti melakukan wawancara online dan offline. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa wisatawan atau konsumen ketika akan melaukan kegiatan berwisata termotivasi karena adanya faktor pendorong dan penarik. Faktor penarik yang berasal dari akun @amazingmalang yang telah menyediakan informasi mengenai tempat pariwisata dan faktor pendorong berasal dari dalam diri atau hasrat individu. Faktor penarik dan pendorong tersebut dapat memunculkan sebuah niat dan kontrol perilaku individu untuk melakukan sebuah tindakan. Dengan adanya faktor penarik, faktor pendorong, niat, dan kontrol perilaku tersebut dapat mempengaruhi wisatawan atau konsumen dalam pengambilan keputusan ketika akan menentukan destinasi wisata.