Analisa Marketing Politik (Studi Evaluatif: Faktor Kekalahan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno dalam Pemilihan Gubernur Jatim 2018 di Kota Malang)

Main Author: Amani, Aida
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/170359/
Daftar Isi:
  • Penelitian kualitatif ini mengevaluasi marketing politik dalam Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018 pada kekalahan salah satu pasangan calon Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno di Kota Malang. Evaluasi marketing politik ini berdasarkan teori Adman Nursal yang merumuskan ada tiga pendekatan dalam marketing politik yaitu push political marketing (pendekatan kepada masyarakat), pull political marketing (pendekatan melalui media), dan pass political marketing (pendekatan melalui tokoh). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor kekalahan pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno dalam Pilgub Jatim 2018 di Kota Malang. Ketidakefektifan marketing politik ini dinilai dari perubahan pasangan dalam tahap pendaftaran calon, keterbatasan waktu dan anggaran dalam kampanye di Kota Malang, kurang solidnya pendukung pasangan Saifullah-Puti dibanding pendukung Khofifah-Emil, dan adanya keberpihakan tak terduga yang mengubah arah pemilih masyarakat Jawa Timur.