Analisis Pengaruh Brand Image, Country Of Origin Dan Perceived Value Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Wuling Confero (Studi Pada Dealers Wuling Motors Di Kota Malang)

Main Author: Pratama, Dicky Reza
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/170315/1/Dicky%20Reza%20Pratama.pdf
http://repository.ub.ac.id/170315/
Daftar Isi:
  • Permintaan Mobil yang semakin meningkat menyebabkan persaingan ketat diantara pabrikan mobil di Indonesia yang sebagian besar pangsa pasarnya masih didominasi oleh pabrikan mobil dari Jepang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penjualan mobil wuling confero yang merupakan mobil buatan pabrikan China, agar dapat bersaing dengan merek-merek ternama lainnya khususnya di Kota Malang, yaitu dengan memperhatikan faktor Citra Merek (Brand Image), Pengaruh Negara (Country of Origin), dan Persepsi Nilai (Perceived Value). Jenis penelitian ini menggunakan explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antar variabel-variabelnya melalui pengujian hipotesis. Sampel diperoleh dari teknik non-probability sampling dengan metode purposive sampling yang memiliki kriteria pengguna atau pemilik mobil merek Wuling Confero: 1) Terlibat dalam proses pengambilan keputusan pembelian; 2) Saat ini masih menggunakan mobil Wuling Confero; 3) Berdomisili di Malang; dan 4) Periode pembelian 2017-2018; sebanyak 43 responden. Data akan dianalisa mengunakan analisis regresi berganda dan dibantu oleh software SPSS ver. 23.0, sedangkan untuk Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji t. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa variabel Brand Image(X1) dan variabel Perceived Value(X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian mobil Wuling Confero di Kota Malang, sedangkan variabel Country of Origin(X2) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian mobil Wuling Confero di Kota Malang. Sehingga, Wuling Motors dapat meningkatkan penjualan mobil wuling confero dengan meningkatkan Brand Image (memperbaiki citra negatif masyarakat terhadap produk China), dan menanamkan persepsi nilai yang positif di benak pelanggan melalui peningkatan pelayanan, peningkatan kualitas model, variasi tanpa mengabaikan kenyamanan, keamanan, dan kepuasan.