Motif Dan Tingkat Kepuasan Penggunaan Media Online Pencarian Jodoh (Studi Uses And Gratification Terhadap Pengguna Tinder Di Kota Malang)

Main Author: Tejoningrum, Saras
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/170288/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui motif dan tingkat kepuasan (kesenjangan gratifikasi) terhadap pengguna Tinder di Kota Malang. Peneliti menggunakan tinjauan teori uses and gratification yang dikemukakan oleh Sundar & Limperos, yang lebih menekankan kepada ranah tipe Web 2.0. Tinder dan dikategorikan sebagai media baru. Pada penelitian variabel termasuk kepada tipe variabel mandiri yaitu motif (X1) dan tingkat kepuasan yang terdiri dari gratification sought (X2.1) dan gratification obtained (X2.2). Peneliti menggunakan tabulasi frekuensi untuk mengukur motif penggunaan Tinder dan uji sampel berpasangan untuk mengetahui tingkat kepuasan. Setiap variabel diukur menggunakan model MAIN yang telah dikemukakan oleh Sundar & Limperos. Hasil dari penelitian menunjukkan motif tertinggi adalah pada interactivity, kemudian motif tertinggi kedua adalah browsing/variety seeking, kemudian coolness dan being there dan terakhir adalah agency-enhancement serta owness. Sedangkan hasil tingkat kepuasan menunjukkan bahwa pengguna Tinder di Kota Malang merasa puas dikarenakan nilai rata-rata variabel gratification sought lebih kecil daripada gratification obtained. Sedangkan kepuasan tertinggi adalah pada item navigability.