Analisis Perencanaan Media Promosi Oleh Perusahaan Media Di Era Fragmentasi Sebagai Strategi Brand Positioning (Studi Kasus Pada Promosi Program Dan Event Radio Suara Surabaya)

Main Author: Mukmin, Nadya Angraini
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/170261/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini menganalisis perencanaan media yang dilakukan oleh perusahaan media yakni Radio Suara Surabaya (SS) sebagai upaya brand positioning medianya di benak khalayaknya. Sejauh ini, aktivitas perencanaan media biasanya dilakukan oleh media/advertising agency atau perusahaan selain perusahaan media untuk mempromosikan produk atau brand. Media massa hanya menjadi sasaran para perencana media. Media massa juga sebuah brand. Sebagai sebuah brand, media massa juga perlu mempromosikan brandnya agar terposisikan dengan baik di benak khalayaknya. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menemukan bahwa Radio SS cenderung menggunakan media internal yang dikelolanya dalam mempromosikan radionya, program onair ataupun program off-airnya (event). Radio SS hanya menggunakan media eksternal ketika menggelar event off air saja