Pengaruh Corporate Social Responsibility Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Dan Keuangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2016-201

Main Author: Zulfia, Nailah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/170247/1/Nailah%20Zulfia.pdf
http://repository.ub.ac.id/170247/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan Good Corporate Governance (GCG) sebagai variabel moderasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 16 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2016 sampai 2017 dengan total observasi sebesar 32. Metode yang digunakan dalam pemilihan sampel adalah purposive sampling. Peneliti menggunakan teknik moderating regression analysis untuk menguji data penelitian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa secara simultan CSR, profitabilitas dan GCG berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Sedangkan secara parsial menunjukkan bahwa CSR tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, tetapi profitabilitas berpengaruh positif pada nilai perusahaan. Hasil selanjutnya yaitu bahwa GCG sebagai variabel moderasi tidak memiliki pengaruh yang signifikan pada hubungan CSR terhadap nilai perusahaan, tetapi memiliki pengaruh yang positif pada hubungan profitabilitas terhadap nilai perusahaan.