Strategi Promosi PT. Bank Jatim, Tbk. Kantor Cabang Blitar dalam Pemasaran Kredit Multiguna
Main Author: | Aini, Aprina Sari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/170113/ |
Daftar Isi:
- Dalam penelitian ini peneliti berusaha mengkaji mengenai strategi promosi PT. Bank Jatim, Tbk. terhadap para nasabahnya, dengan didasari oleh konsep promotion mix yang difokuskan pada pelaksanaan kegiatan periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan personal, dan penjualan langsung dari perusahaan kepada nasabah. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan bagaimana strategi promosi yang digunakan PT. Bank Jatim cabang Blitar dalam upayanya untuk memasarkan produk Kredit Multiguna (KMG) kepada masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tataran analisis deskriptif kualitatif. Fokus penelitian dalam laporan ini membahas mengenai strategi promosi yang digunakan PT. Bank Jatim, Tbk. kantor cabang Blitar dalam upayanya untuk memasarkan salah satu jenis produk kredit berupa Kredit Multiguna (KMG) Bank Jatim pada masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan maka dapat diketahui strategi promosi penjualan yang dilakukan Bank Jatim cabang Blitar dalam memasarkan produk kredit Multiguna antara lain adalah memasang iklan di media cetak, media sosial, serta radio. Memberikan undian berhadiah serta pemberian potongan bunga khusus saat event tertentu, selalu aktif melakukan kerjasama sponsorship dan membuka stand ketika ada pameran yang diadakan oleh instansi atau pihak terkait, serta melakukan penjualan personal (personal selling) antara karyawan atau marketer divisi kredit dengan calon nasabah. Diantara berbagai macam bauran pemasaran yang ada, personal selling merupakan salah satu bentuk promosi yang paling efektif untuk dilakukan. Perlu disadari bahwa kesuksesan sebuah strategi promosi yang dilakukan Bank Jatim cabang Blitar tidak hanya tergantung pada kualitas produk yang dihasilkan, kebijakan yang tepat, serta pelayanan yang cepat, tetapi banyak tergantung pada pembinaan hubungan baik yang berkelanjutan (sustainable relationship) antara karyawan Bank Jatim cabang Blitar dengan calon nasabahnya.