Peran New Media dalam Konsep E-government (Studi Pada Sambat Online sebagai Platform Pengaduan Masyarakat Kota Malang)
Main Author: | Nalendrani, Aulia Permata |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/170055/ |
Daftar Isi:
- Sambat Online merupakan platform baru milik Pemerintah Kota Malang yang khusus dibuat untuk pengelolaan pengaduan masyarakat Kota Malang. Hal ini merupakan salah satu bentuk nyata E-Government berupa platform pengaduan berbasis website yang disediakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif untuk meneliti peran Sambat Online sebagai platform pengaduan masyarakat Kota Malang. Fokus penelitian ini adalah menjelaskan sejauh mana peran Sambat Online dalam upaya penanganan pengaduan masyarakat di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data yang dianalisis adalah hasil pengamatan langsung pada Bidang Informasi Publik, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang dan hasil wawancara dengan pengguna Sambat Online baik pemerintah maupun masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga peran yang sudah dilakukan Sambat Online yakni (1) Memfasilitasi dan menindaklanjuti laporan pengaduan masyarakat, (2) Memberikan sistem pelaporan yang transparan dan terintegrasi, (3) Menjembatani partisipasi publik. Selain itu, sejak diterapkannya Sambat Online sebagai media pengaduan masyarakat adanya respon positif dari masyarakat terkait Sambat Online. Penelitian ini juga menunjukkan beralihnya proses pemerintahan ke era digital memberikan dampak yang positif.