Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi Oleh Brand Image (Studi Pada Konsumen Produk Olahraga Specs Di Kota Malang)
Main Author: | Sofi, Badrus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/170044/2/Badrus%20Sofi.pdf http://repository.ub.ac.id/170044/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan pada konsumen produk olahraga Specs di Kota Malang. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dai variabel independen yaitu celebrity endorsement (X), variabel mediasi brand image (Z) dan variabel dependen yaitu keputusan pembelian (Y). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh celebrity endorsement terhadap keputusan pembelian dengan brand image sebagai variabel mediasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian causal research untuk menjelaskan hubungan atau pengaruh antar variabel yang diteliti. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen produk olahraga Specs di Kota Malang yang berjumlah 130 responden. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang diukur dengan skala likert. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas dengan software SPSS ver. 20. Metode analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis) untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa celebrity endorsement secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image pada konsumen produk olahraga Specs di Kota Malang. Celebrity endorsement berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada konsumen produk olahraga Specs di Kota Malang. Brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada konsumen produk olahraga Specs di Kota Malang. Namun secara tidak langsung, brand image tidak dapat memediasi celebrity endorsement terhadap keputusan pembelian.