Segmenting, Targeting, dan Positioning Dalam Branding Malang Kabupaten The Heart Of East Java Tahun 2018
Main Author: | Kharisma W, Andrias Rico |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/169977/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini membahas mengenai segmenting, targeting, dan positioning dalam branding Malang Kabupaten The Heart Of East Java tahun 2018. Malang Kabupaten The Heart Of East Java merupakan destination branding yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Malang. Branding ini diluncurkan pada tahun 2017 oleh Bapak Rendra Kresna sebagai Bupati Kabupaten Malang periode 2010-2018 bersama Bapak Arief Yahya sebagai Menteri Pariwisata Republik Indonesia. Pemilihan Kabupaten Malang dilatarbelakangi oleh potensi wisata yang beragam dan letak geografis Kabupaten Malang yang strategis berada tepat ditengah Jawa Timur sekaligus menjadi kabupaten terbesar kedua di Provinsi Jawa Timur setelah Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini bertujuan menganalisis segmenting, targeting, dan positioning dalam branding Malang Kabupaten The Heart Of East Java tahun 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dimana dalam pengambilan data menggunakan wawancara sebagai data primer dan dokumen-dokumen sebagai data sekunder. Terdapat 8 informan dalam penelitian ini dimana 5 informan merupakan aktor pelaksana branding, 2 informan merupakan wisatawan dan 1 informan merupakan Duta Wisata Kabupaten Malang. Hasil dari penelitian ini adalah Segmenting sudah terbentuk, dengan adanya segmenting pasar wisatawan terbagi Regional, Nasional dan Internasional. Segmenting pasar bisnis dengan menetapkan potensi wisata alam Kabupaten Malang sebagai strategi bisnis. Persyaratan untuk segmenting efektif terdapat 5 segmenting yaitu A Day Tripper Path, Spectaculous Vulcanic Path, Adventurous Vulcanic Path, Adventurous Marine Path, dan Panoramic Marine Path. Targeting, target 7 juta wisatawan tahun 2018 tercapai sehingga target untuk tahun 2019 dinaikkan sebesar 10%. Untuk Positioning, Pemerintah Kabupaten Malang masih berusaha memposisikan diri sebagai pusat pariwisata di Jawa Timur bersaing dengan Kota Batu dan Kabupaten Banyuwangi