Kepentingan Ekonomi Tiongkok dalam Pembangunan Bar – Boljare Highway di Montenegro Tahun 2014

Main Author: Calissta, Elika Frida
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/169941/
Daftar Isi:
  • Pada tahun 2014 pemerintah Montenegro dengan Tiongkok secara resmi menandatangani perjanjian pembangunan jalan bebas hambatan yang terbentang dari pesisir Bar menuju Boljare yaitu perbatasan Serbia dibawah skema Belt and Road Initiative. Proyek pembangunan ini terbagi menjadi empat fase, fase satu dimulai pada tahun 2015 dan selesai pada tahun 2019 serta diprediksi akan menghabiskan biaya sebesar 1,2 Miliyar USD. 85 persen atau sekitar 937 juta USD ini dibiayai oleh China EXIM Bank angka yang sangat besar untuk membangun 41 km jalan dari total 165 km jalan bebas hambatan yang dicanangkan Montenegro. Proyek pembangunan ini kemudian menciptakan permasalahan mengenai melonjaknya angka hutang luar negeri Montenegro dan menimbulkan keresahan terkait dengan kemampuan Montenegro untuk melunasi hutangnya tersebut. Hal ini menciptakan sebuah pendapat yang positif dan negatif terkait dengan kelayakan proyek serta pertanyaan mengenai kepentingan Tiongkok di Montenegro serta kawasan Western Balkans, setelah sebelumnya dari tahun 2006 hingga 2012 tidak ada satupun negara di kawasan Eropa yang tertarik untuk membiayai pembangunan tersebut. Penelitian kali ini bertujuan untuk mengetahui apakah kepentingan ekonomi Tiongkok dalam pembangunan Bar – Boljare Highway di Montenegro pada tahun 2014 dengan menggunakan konsep kepentingan nasional yang diturunkan menjadi kepentingan ekonomi karya Yan Xuetong.