Evaluasi Pengalaman Pengguna Menggunakan Usability Testing dan User Experience Questionnaire(UEQ)(Studi Pada E-Commerce Fashion)

Main Author: Elisurya, Sonia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/169917/7/Sonia%20Elisurya%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/169917/
Daftar Isi:
  • Penggunaan internet sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-han. Salah satu kegiatan yang dilakukan melalui internet yaitu transaksi jual-beli online. Semakin berkembangnya transaksi jual-beli online juga membuat munculnya berbagai jenis situs e-commerce untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Salah satu jenis situs e-commerce yang sering digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat adalah e-commerce fashion. Salestock.co.id, Vipplaza.co.id dan Berrybenka.com merupakan situs e-commerce fashion yang bergerak di bidang dan memiliki karakteristik yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pengalaman pengguna yang didapat saat menggunakan ketiga situs web e-commerce yang memiliki karakteristik yang sama. Penelitian ini dilakukan menggunakan pengujian skenario dan User Experience Questionnaire (UEQ). Pengujian skenario akan dilakukan ke 10 responden berdasarkan empat parameter yaitu task completed, error rate, number of clicks dan time per completed task. User Experience Questionnaire (UEQ) memiliki 6 Skala pengukuran dan dibagikan ke 25 responden. Setelah melakukan pengujian, responden akan diwawancara untuk mengetahui tanggapan dan permasalahan yang dialami ketika melakukan pengujian skenario. Hasil dari pengujian dan kuisioner UEQ akan diolah dan dianalisis untuk mengetahui pengalaman pengguna dari masing-masing situs web. Dari hasil pengujian yang dilakukan dan kuisoner, dapat disimpulkan bahwa situs Salestock.co.id memiliki tingkat pengalaman pengguna yang lebih balk dari Berrybenka.com dan Vipplaza.co.id.