Media Komunikasi Dalam Sosialisasi Program LAPOR SP4N (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Humas Dinas Komunikasi Dan Informatika Dalam Program Sosialisasi LAPOR SP4N Di Jawa Timur)
Main Author: | Carolina, Revita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/169768/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi dimana masyarakat takut untuk melapor terhadap penyelenggara pemerintahan yang ada di Jawa Timur. Dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan publik Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia mensosialisasikan sebuah Progam Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) SP4N kepada Pemerintahan Povinsi yang ada di Indonesia, salah satunya adalah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Timur yang nantinya akan disosialisasikan kepada masyarakat yang ada di Jawa Timur. Pihak Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Timur melakukan sosialisasi diberbagai macam media komunikasi untuk membuat masyarakat Jawa Timur sadar dan tau akan adanya progam tersebut. Akan tetapi hal ini tidak sejalan dengan apa yang telah direncanakan, masyarakat yang berada di Jawa Timur pun banyak yang tidak tahu tentang adanya program tersebut. Hal tersebut dibuktikan dengan jumlah pelaporan yang masuk terlalu sedikit. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemilihan dan penggunaan media komunikasi terhadap sosialisasi Program Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) SP4N di Jawa Timur. Strategi pemilihan dan penggunaan media komunikasi merupakan sebuah strategi dimana perencanaan sosialsiasi program tersebut dapat berjalan lancar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskiptif kualitatif. Dimana fokus penelitian ini tertuju kepada pemilihan dan penggunaan serta tujuan, harapan, kendala-kendala dampak dari sosialisasi tersebut. Lokasi penelitian ini dilakukan di Surabaya yang bertempat di Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Timur. Sumber data yang diambil dalam penelitian ini mengambil data primer dan data skunder, serta dalam teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan dokumentasi. Selain itu informan yang diambil dalam penelitian ini adalah sebanyak dua orang yaitu humas dan pelaksana dari program tersebut. Sementara itu dalam analisis data, hal pertama kali yang dilakukan peneliti ialah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Yang terakhir adalah pengujian keabsahan data yang dilakukan peneliti yaitu dengan uji kredibilitas, transferbility, Dependability, dan Confirmability. Hasil penelitian berdasarkan wawanacara mendalam yang peneliti lakukan terhadap dua informan dari lembaga pemerintah yang menjadi objek penelitian menunjukkan bahwa strategi pemilihan dan penggunaan media komunikasi online menjadi peluang besar dalam mensukseskan sosilaisasi tersebut. Tujuan utama dari sosialisasi ini adalah agar seluruh masyarakat Jawa Timur tahu dan mengerti akan adanya program pelayanan publik yang cepat mudah dan tuntas.