Sport Diplomacy Australia Melalui Asian Football Confederation (AFC) Asian Cup 2015 Dalam Mempromosikan Citra Positif Di Bidang Olahraga Dan Ekonomi Ke Negara-Negara Asia
Main Author: | Nadhif, Razel |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/169743/ |
Daftar Isi:
- Pemerintah Australia mengeluarkan kebijakan luar negeri pada bulan Oktober tahun 2012 yang tertuang di dalam Australia in the Asian Century White Paper. Kebijakan tersebut berisikan tujuan-tujan ekonomi Australia yang harus dicapai hingga tahun 2025 di tengah kebangkitan perekonomian negara-negara Asia dan Australia wajib memiliki strategi yang tepat dalam menghadapi tantangan strategis tersebut. Disebutkan bahwa salah satu strategi untuk mencapai goal dari kebijakan luar negeri tersebut adalah dengan memperkuat hubungan people-to-people dengan masyarakat Asia. Australia yang memiliki catatan impresif dalam menggelar pentas olahraga tingkat internasional kemudian mempergunakan turnamen AFC Asian Cup 2015 dalam mendekat dengan Asia. Dalam mendeskripsikan upaya Australia tersebut, penulis menggunakan konsep Sport Diplomacy sebagai Instrumen dari Soft Power oleh Håvard M. Nygård dan Scott Gates melalui variabel-variabel Image Building, Building a Platform for a Dialogue, Trust Building, dan Economy as Confounding Factor.