Pengaruh Consumer Involvement Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skin Care (Studi pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang)
Main Author: | Maharani, Brenda Fitria |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/169742/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini membahas tentang pengaruh consumer involvement terhadap keputusan pembelian produk skin care pada mahasiswa Universitas Brawijaya Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh consumer involvement terhadap keputusan pembelian yang dilihat dari lima dimensi antara lain: interest (X1), pleasure (X2), sign value (X3), risk importance (X4), dan risk probability (X5) dan keputusan pembelian sebagai variabel Y. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksplanatif dengan metode pengumpulan data yaitu membagikan kuesioner secara online kepada sebanyak 100 responden mahasiswa Universitas Brawijaya. Teknik sampling responden menggunakan purposive sampling. Analisis regresi linear berganda digunakan untuk menguji pengaruh dari dua variabel yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan angka koefisien regresi sebesar 40,2%. Hal ini menunjukkan bahwa variabel interest (X1), pleasure (X2), sign value (X3), risk importance (X4), dan risk probability (X5) mampu berkontribusi sebesar 40,2% terhadap variabel keputusan pembelian. Kemudian dari hasil perhitungan dapat disimpulkan pula bahwa variabel independen terhadap keputusan pembelian yang memiliki pengaruh positif dan signifikan adalah interest dan sign value. Variabel risk importance berpengaruh negatif namun tidak signifikan. Kemudian untuk variabel pleasure dan risk probability tidak berpengaruh terhadap variabel keputusan pembelian.