Strategi Komunikasi Instruksional pada Sekolah Inklusi (Studi pada Tenaga Pendidik di SMK Negeri 2 Malang)
Main Author: | Romadhona, Isamasii |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/169655/ |
Daftar Isi:
- SMK Negeri 2 Malang merupakan salah satu sekolah inklusi yang berada di kota inklusif, yaitu Kota Malang. Proses belajar mengajar di kelas inklusi bukan hal mudah, sebagaimana adanya pencampuran siswa difabel dan non difabel dalam satu kelas dengan perbedaan karakteristik siswa. Hal ini terlihat dari cara berkomunikasi, berinteraksi, hingga berperilaku. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis strategi komunikasi instruksional yang dilakukan oleh pendidik di sekolah inklusi SMK Negeri 2 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara, dokumentasi, dan observasi. Penelitian ini melibatkan 8 informan, dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa pendidik menggunakan beberapa metode dari strategi komunikasi diantaranya yaitu mengidentifikasi komunikan (mengenali karakteristik siswa), pengemasan pesan yang berbeda pada siswa dengan gangguan kognitif, gangguan pendengaran, juga non difabel, penerapan jenis pesan komunikasi, pemilihan media pembelajaran dan pendekatan personal dengan memperhatikan feedback siswa. Metode tersebut akan disesuaikan berdasarkan karakteristik siswa pada jurusan dengan implikasi menggunakan 2 pendekatan yaitu relational dan rethorical. Pendekatan relational diberlakukan pada siswa non difabel di jurusan AP dan TKJ, sedangkan siswa dengan gangguan kognitif di jurusan AP akan diberlakukan sama dengan siswa non difabel. Pada pendekatan rethorical, diberlakukan pada siswa dengan gangguan pendengaran di jurusan TKJ. Penelitian ini menemukan bahwa terdapat 2 pendekatan yang berbeda pada karakteristik yang berbeda di jurusan TKJ. Sehingga penelitian ini telah mampu menunjukkan bahwa tidak semua siswa difabel akan selalu berbasis rethorical.