Pesan Persuasi Hidup Sehat Dalam Web series Sore “Istri Dari Masa Depan” (Analisis Retorika Visual Pada Iklan Audiovisual)

Main Author: Noach, Devy Cassiopeia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/169649/
ctrlnum 169649
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/169649/</relation><title>Pesan Persuasi Hidup Sehat Dalam Web series Sore &#x201C;Istri Dari Masa Depan&#x201D; (Analisis Retorika Visual Pada Iklan Audiovisual)</title><creator>Noach, Devy Cassiopeia</creator><subject>302.222 Nonverbal communication</subject><description>Retorika visual merupakan istilah untuk mendeskripsikan studi visual dalam ranah ilmu retorika. retorika visual mengutamakan isi pesan yang disampaikan oleh komunikator dengan didukung oleh visual sebagai penguat pesan. Retorika visual dapat mempengaruhi pola pikir dan prilaku manusa melalui strategi penggunaan simbol atau tanda. Melihat banyak pengaplikasian retorika visual sebagai cara menyampaikan pesan kini perusahaan-perusahaan semakin terampil dalam melakukannya. Salah satu perusahaan tersebut adalah perusahaan gula rendah kalori milik Tropicana Slim. Tropicana slim membuat strategi beriklan mereka menggunakan iklan dalam bentuk cerita yang dikemas dalam web series untuk merilis produk terbarunya. Tidak hanya strategi promosi produk mereka, Tropicana Slim juga menaruh pesan dalam web series mereka untuk melakukan hidup sehat. Melihat angka penyandang diabetes tinggi, web sries ini dibuat sebagai salah satu penyuluhan kesehatan untuk masyarakat modern usia muda. Karena itulah dalam penelitian ini penulis ingin menyampaikan bagaimana persuasi hidup sehat yang disampaikan Tropicana Slim dalam web seriesnya yang berjudul Sore &#x201C;Istri dari Masa Depan&#x201D;.&#xD; Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik analisis retorika visual. Penelitian ini menganalisis setiap episodenya yang diurai dengan sinematografi. Hasil dari penelitian ini menunjukan pesan persuasi hidup sehat dalam web series ini ditampilkan Tropicana Slim dalam beberapa episodenya. Persuasi yang dibuat kemudian disajikan dengan beberapa cara yang mudah dan sangat berhubungan dengan kehidupan audien sehingga dapat menarik emosional penonton dan rasa kesadaran hidup sehat muncul ketika audien menonton web series ini. Tropicana Slim melakukan cara ini agar pesan yang disampaikan lebih mudah dijangkau dan dimengerti oleh audien. Tropicana slim mengemas isu tentang hidup sehat tersebut lewat simbol yang dipresentasikan dalam adegan yang dibantu jelaskan oleh unsur audio pada videonya.</description><date>2018-12-18</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Noach, Devy Cassiopeia (2018) Pesan Persuasi Hidup Sehat Dalam Web series Sore &#x201C;Istri Dari Masa Depan&#x201D; (Analisis Retorika Visual Pada Iklan Audiovisual). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FISIP/2019/305/051902677</relation><recordID>169649</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Noach, Devy Cassiopeia
title Pesan Persuasi Hidup Sehat Dalam Web series Sore “Istri Dari Masa Depan” (Analisis Retorika Visual Pada Iklan Audiovisual)
publishDate 2018
topic 302.222 Nonverbal communication
url http://repository.ub.ac.id/169649/
contents Retorika visual merupakan istilah untuk mendeskripsikan studi visual dalam ranah ilmu retorika. retorika visual mengutamakan isi pesan yang disampaikan oleh komunikator dengan didukung oleh visual sebagai penguat pesan. Retorika visual dapat mempengaruhi pola pikir dan prilaku manusa melalui strategi penggunaan simbol atau tanda. Melihat banyak pengaplikasian retorika visual sebagai cara menyampaikan pesan kini perusahaan-perusahaan semakin terampil dalam melakukannya. Salah satu perusahaan tersebut adalah perusahaan gula rendah kalori milik Tropicana Slim. Tropicana slim membuat strategi beriklan mereka menggunakan iklan dalam bentuk cerita yang dikemas dalam web series untuk merilis produk terbarunya. Tidak hanya strategi promosi produk mereka, Tropicana Slim juga menaruh pesan dalam web series mereka untuk melakukan hidup sehat. Melihat angka penyandang diabetes tinggi, web sries ini dibuat sebagai salah satu penyuluhan kesehatan untuk masyarakat modern usia muda. Karena itulah dalam penelitian ini penulis ingin menyampaikan bagaimana persuasi hidup sehat yang disampaikan Tropicana Slim dalam web seriesnya yang berjudul Sore “Istri dari Masa Depan”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik analisis retorika visual. Penelitian ini menganalisis setiap episodenya yang diurai dengan sinematografi. Hasil dari penelitian ini menunjukan pesan persuasi hidup sehat dalam web series ini ditampilkan Tropicana Slim dalam beberapa episodenya. Persuasi yang dibuat kemudian disajikan dengan beberapa cara yang mudah dan sangat berhubungan dengan kehidupan audien sehingga dapat menarik emosional penonton dan rasa kesadaran hidup sehat muncul ketika audien menonton web series ini. Tropicana Slim melakukan cara ini agar pesan yang disampaikan lebih mudah dijangkau dan dimengerti oleh audien. Tropicana slim mengemas isu tentang hidup sehat tersebut lewat simbol yang dipresentasikan dalam adegan yang dibantu jelaskan oleh unsur audio pada videonya.
id IOS4666.169649
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-28T06:53:59Z
last_indexed 2021-10-28T06:53:59Z
recordtype dc
_version_ 1751454134428499968
score 17.538404