Analisis Pengaruh Promosi Gemarikan Oleh Kementerian Kelautan Dan Perikanan Melalui Media Sosial Terhadap Keputusan Konsumsi Ikan

Main Author: Marta, Audrey Vania
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/169644/1/AUDREY%20VANIA%20MARTA%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/169644/
Daftar Isi:
  • Kampanye GEMARIKAN merupakan upaya pemerintah untuk meningatkan gizi masyarakat dan meningkatkan minat untuk mengkonsumsi ikan yang diharapkan menjadi salah satu sumber protein utama serta mendukung program prioritas pemerintah dalam rangka meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia dan meningkatkan kemandirian ekonomi berbasis pada kelautan dan perikanan. Media sosial menjadi salah satu media dalam penyampaian Kampanye GEMARIKAN dikarenakan petumbuhan pengguna yang terus meningkat serta tingginya dampak yang diciptakan media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh periklanan, promosi penjualan, publisitas, dan penjualan personal Kampanye GEMARIKAN melalui media sosial terhadap keputusan konsumsi ikan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2019. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif serta jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Penentuan jumlah sampel menggunakan linear time function dan metode pengambilan data dengan menggunakan proportionate stratified random sampling. Pengambilan sampel pada penelitian menggunakan cluster sampling yang dibagi ke dalam 6 wilayah berdasarkan pulau yang ada di Indonesia yaitu Sumatera, Jawa, Bali-Nusa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Metode pengambilan data dengan kuisioner, dan dokumentasi. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah keputusan konsumsi ikan sebagai variabel dependen dan untuk variabel independen menggunakan periklanan, promosi penjualan, publisitas, dan penjualan personal. Analisis variabel independen yang mempengaruhi keputusan konsumsi ikan menggunakan uji instrument penelitian, analisis regresi linear berganda dengan aplikasi SPSS terlebih dahulu dan dilakukan uji asumsi klasik. Berdasarkan uji validitas yang dilakukan didapatkan hasil signifikansi 0,00 dan dinyatakan bahwa indikator-indikator valid. Hasil uji reliabilitas didapatkan nilai Cronbach’s Alpha dari variabel-variabel penelitian >0,6 dan dinyatakan reliabel. Hasil uji normalitas didapatkan bahwa data berdistribusi normal. Uji multikolinearitas dinyatakan tidak terjadi multikolinearitas. Data tidak tejadi heterokedastisitas pada hasil uji heterokedastisitas. Model regresi yang dihasilkan adalah Y = 0,809 + 0,398X1 + 0,116X2 + 0,311X3 + 0,116X4 + e. Hal tersebut berarti bahwa variabel yang memiliki korelasi positif terhadap keputusan konsumsi ikan adalah periklanan, promosi penjualan, publisitas, dan penjualan personal. Hasil analisis regresi menghasilkan nilai Adjusted R2 sebesar 38.4%. Sedangkan 61.6% oleh variabel lain diluar variabel yang digunakan dalam model regresi. Hasil Uji F (simultan) diperoleh Fhitung 17,659, dengan nilai signifikansi 0,000 dan nilai Ftabel 2,46 berdasarkan hasil tersebut maka Fhitung (17,659) > Ftabel (2,46), periklanan, promosi penjualan, publisitas, dan penjualan personal secara bersama-sama berpengaruh secara bersama-sama terhadap keputusan konsumsi ikan. Hasil Uji t (parsial) yang dilakukan menunjukkan hasil bahwa dari variabel independen yang digunakan periklanan, promosi penjualan, publisitas, dan penjualan personal hanya terdapat 2 variabel yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumsi ikan. Variabel yang berpengaruh secara signifkanviii terhadap keputusan konsumsi ikan adalah variabel periklanan dan publisitas. Periklanan merupakan salah satu yang bentuk promosi yang dilakukan untuk membuat kesan untuk mencapai target penjualan melalui media. Publisitas adalah penyiaran tentang sesuatu kepada masyarakat melalui media.