Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Wisatawan Berkunjung Kembali dengan Mediasi Kepuasan Wisatawan di BeeJay Bakau Resort (BJBR) Probolinggo, Jawa Timur

Main Author: -, Rohmatin
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/169617/1/Rohmatin.pdf
http://repository.ub.ac.id/169617/
ctrlnum 169617
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/169617/</relation><title>Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Wisatawan Berkunjung Kembali dengan Mediasi Kepuasan Wisatawan di BeeJay Bakau Resort (BJBR) Probolinggo, Jawa Timur</title><creator>-, Rohmatin</creator><subject>338.479 1 Services and specific products (Geography and travel)</subject><description>BeeJay Bakau Resort (BJBR) merupakan sebuah ekowisata bakau yang terletak di Kota Probolinggo. BJBR dikenal sebagai primadona wisata di Kota Probolinggo. Berdasar data dari BPS (2018), data jumlah pengunjung ekowisata BJBR pada tahun 2017 berjumlah 95.990 orang.&#xD; Tujuan penelitian ini pertama mendeskripsikan karakteristik wisatawan yang berkunjung ke tempat ekowisata BJBR. Kedua, menganalisis pengaruh bauran pemasaran yang terdiri dari produk (product), harga (price), tempat (place), promosi (promotion), orang (people), dan bukti fisik (physical evidence) terhadap keputusan wisatawan berkunjung kembali ke tempat ekowisata BJBR Probolinggo melalui mediasi kepuasan wisatawan.&#xD; Jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanatori dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah wisatawan dalam negeri yang berkunjung ke BJBR dengan kriteria umur minimal 15 tahun. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah Nonprobability sampling jenis accidental sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan teori Roscoe yaitu 10 kali dari jumlah variabel yang diteliti sehingga didapatkan jumlah sampel sebanyak 90 responden. Data primer pada penelitian ini diperoleh dari kuesioner yang disebar kepada responden, kemudian data sekunder diperoleh dari website BJBR dan studi literatur yang terkait. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif berdasarkan data profil wisata dan karakteristik responden dan analisis deskriptif kuantitatif menggunakan uji SEM-PLS untuk menganalisa pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan wisatawan berkunjung kembali dengan mediasi kepuasan wisatawan.&#xD; Karakteristik wisatawan BJBR yang diteliti meliputi usia, jenis kelamin, tingkat pendapatan per bulan, pekerjaan, jumlah kunjungan, daerah asal, rekan kunjungan dan tujuan/motivasi kunjungan. Hasil bootstrap menunjukkan bahwa variabel bauran pemasaran yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan adalah variabel promosi dan proses, sedangkan variabel produk, harga, tempat, bukti fisik, dan manusia berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan wisatawan. Kemudian variabel dari bauran pemasaran yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung kembali hanya variabel proses, sedangkan yang lainnya yaitu variabel produk, harga, tempat, promosi, bukti fisik, dan manusia berpengaruh tidak signifikan terhadap variabel keputusan berkunjung kembali. Selain itu dari hasil PLS didapatkan bahwa variabel kepuasan wisatawan berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan berkunjung kembali&#xD; Saran dari hasil penelitian, BJBR perlu mempertahankan bahkan meningkatkan strategi promosi dan pelayanan dari petugas untuk meningkatkan kepuasan wisatawan. Selain itu, BJBR perlu mempertahankan sikap keramahan dan kerapian petugas BJBR untuk meningkatkan jumlah kunjungan ulang wisatawan.</description><date>2019-06-20</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/169617/1/Rohmatin.pdf</identifier><identifier> -, Rohmatin (2019) Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Wisatawan Berkunjung Kembali dengan Mediasi Kepuasan Wisatawan di BeeJay Bakau Resort (BJBR) Probolinggo, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FPIK/2019/15/051903054</relation><recordID>169617</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author -, Rohmatin
title Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Wisatawan Berkunjung Kembali dengan Mediasi Kepuasan Wisatawan di BeeJay Bakau Resort (BJBR) Probolinggo, Jawa Timur
publishDate 2019
topic 338.479 1 Services and specific products (Geography and travel)
url http://repository.ub.ac.id/169617/1/Rohmatin.pdf
http://repository.ub.ac.id/169617/
contents BeeJay Bakau Resort (BJBR) merupakan sebuah ekowisata bakau yang terletak di Kota Probolinggo. BJBR dikenal sebagai primadona wisata di Kota Probolinggo. Berdasar data dari BPS (2018), data jumlah pengunjung ekowisata BJBR pada tahun 2017 berjumlah 95.990 orang. Tujuan penelitian ini pertama mendeskripsikan karakteristik wisatawan yang berkunjung ke tempat ekowisata BJBR. Kedua, menganalisis pengaruh bauran pemasaran yang terdiri dari produk (product), harga (price), tempat (place), promosi (promotion), orang (people), dan bukti fisik (physical evidence) terhadap keputusan wisatawan berkunjung kembali ke tempat ekowisata BJBR Probolinggo melalui mediasi kepuasan wisatawan. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanatori dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah wisatawan dalam negeri yang berkunjung ke BJBR dengan kriteria umur minimal 15 tahun. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah Nonprobability sampling jenis accidental sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan teori Roscoe yaitu 10 kali dari jumlah variabel yang diteliti sehingga didapatkan jumlah sampel sebanyak 90 responden. Data primer pada penelitian ini diperoleh dari kuesioner yang disebar kepada responden, kemudian data sekunder diperoleh dari website BJBR dan studi literatur yang terkait. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif berdasarkan data profil wisata dan karakteristik responden dan analisis deskriptif kuantitatif menggunakan uji SEM-PLS untuk menganalisa pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan wisatawan berkunjung kembali dengan mediasi kepuasan wisatawan. Karakteristik wisatawan BJBR yang diteliti meliputi usia, jenis kelamin, tingkat pendapatan per bulan, pekerjaan, jumlah kunjungan, daerah asal, rekan kunjungan dan tujuan/motivasi kunjungan. Hasil bootstrap menunjukkan bahwa variabel bauran pemasaran yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan adalah variabel promosi dan proses, sedangkan variabel produk, harga, tempat, bukti fisik, dan manusia berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan wisatawan. Kemudian variabel dari bauran pemasaran yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung kembali hanya variabel proses, sedangkan yang lainnya yaitu variabel produk, harga, tempat, promosi, bukti fisik, dan manusia berpengaruh tidak signifikan terhadap variabel keputusan berkunjung kembali. Selain itu dari hasil PLS didapatkan bahwa variabel kepuasan wisatawan berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan berkunjung kembali Saran dari hasil penelitian, BJBR perlu mempertahankan bahkan meningkatkan strategi promosi dan pelayanan dari petugas untuk meningkatkan kepuasan wisatawan. Selain itu, BJBR perlu mempertahankan sikap keramahan dan kerapian petugas BJBR untuk meningkatkan jumlah kunjungan ulang wisatawan.
id IOS4666.169617
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-28T06:53:54Z
last_indexed 2021-10-28T06:53:54Z
recordtype dc
_version_ 1751454134744121344
score 17.538404