Analisis Manajemen Koordinasi Makna dalam Promosi Gizi Bayi dan Balita (Studi Kualitatif pada Bidan di Wilayah Kerja Pedesaan di Jawa Timur)

Main Author: Biantara, Gravita Alga
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/169589/
Daftar Isi:
  • Beberapa penelitian terdahulu menggunakan teori CMM, telah dilakukan dalam konteks pendidikan, komunikasi pemasaran, kesehatan, komunikasi pembangunan, dan komunikasi keluarga. Penelitian ini hadir untuk memberikan kebaruan terkait penggunaan teori CMM dalam konteks promosi kesehatan. Melalui kerangka teori CMM penelitian ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana koordinasi makna yang dilakukan oleh bidan dalam promosi gizi bayi dan balita kepada masyarakat. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis, dengan melibatkan 15 informan yang terdiri dari, tujuh bidan sebagai informan kunci, serta tiga kader dan lima masyarakat sebagai informan tambahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah FGD (Focused Group Discussion) dan wawancara mendalam, dengan teknik analisis data interaktif dari Miles, Huberman, dan Saldana (2014). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ciri khas dari aktivitas promosi gizi yang dilakukan oleh bidan kepada masyarakat di level terendah khususnya di tiga wilayah penelitian adalah berbasis edukasi. Lebih lanjut, bidan melibatkan empat level hierarki makna dalam proses koordinasi yaitu level isi, hubungan, tindak tutur, dan pola budaya. Dengan demikian, penelitian ini telah dapat menunjukkan penggunaan teori CMM dalam konteks promosi kesehatan oleh bidan kepada masyarakat.