Analisis Value Terhadap Minat Penggunaan E-Toll Card Menggunakan Consumption Value Model (Studi Pada Pengguna Tol Surabaya-Gempol)

Main Author: Puspitasari, Karita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/169525/1/Karita%20Puspitasari%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/169525/
Daftar Isi:
  • Penggunaan E-Toll Card merupakan kebijakan baru yang diberikan oleh pemerintah sebagai alat pembayaran penggunaan jalan tol. Meskipun penggunaan E-Toll Card diketahui dapat memangkas lebih dari setengah waktu transaksi, namun masih belum dapat diketahui secara pasti faktor apa yang paling berpengaruh. Karena dengan mengetahui faktor apa saja yang berpengaruh dalam penggunaan, maka dapat dengan mudah mengetahui faktor yang perlu ditingkatkan dalam E-Toll Card. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai konsumsi (value) yang dirasakan oleh pengguna yang mempengaruhi penggunaan E-Toll Card secara parsial menggunakan analisis regresi berganda pada 5 variabel yaitu functional values, emotional values, epistemic values, conditional values dan social values. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling, dengan sampel sebanyak 97 responden. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa variabel functional values mempengaruhi penggunaan E-Toll Card, responden setuju E-Toll Card dinilai menjadi solusi yang tepat dalam menangani masalah kemacetan yang diakibatkan oleh antrean pembayaran tol, dan hasil dari layanan pembayaran yang diberikan oleh E-Toll Card seperti yang diharapkan oleh responden tidak terjadi error. Variabel epistemic values mempengaruhi penggunaan E-Toll Card, responden setuju layanan pembayaran penggunaan jalan tol dengan menggunakan E-Toll Card merupakan hal baru yang belum pernah ada sebelumnya dan mudah untuk membeli E-Toll Card karena sudah tersedia pada beberapa bank yang ada di Indonesia. Variabel social values mempengaruhi penggunaan E-Toll Card, responden setuju kebutuhannya dapat terpenuhi dengan menggunakan E-Toll Card dan menggunakan E-Toll Card karena ingin menunjukkan kesan baik kepada orang lain dalam menaati peraturan. Sedangkan variabel emotional values tidak mempengaruhi penggunaan E-Toll Card. Walaupun E-Toll Card memiliki popularitas yang baik sebagai inovasi terbaru dalam proses pembayaran jalan tol, hal ini tidak mempengaruhi minat pengguna. Variabel conditional values tidak mempengaruhi penggunaan E-Toll Card. Walaupun E-Toll Card harus digunakan untuk dapat menggunakan jalan tol, hal ini tidak mempengaruhi minat pengguna.