Evaluasi Dan Perbaikan Pengalaman Pengguna Menggunakan User Experience Questionnaire (Ueq) Dan Heuristic Evaluation (He) Pada Aplikasi Mobile Info Bmkg
Main Author: | Kurniawan, Abid Bagus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/169506/1/Abid%20Bagus%20Kurniawan%20%282%29.pdf http://repository.ub.ac.id/169506/ |
Daftar Isi:
- Aplikasi mobile info BMKG merupakan aplikasi milik pemerintah yang dapat memberikan informasi seputar peringatan dini, gempa bumi, cuaca, iklim dan lain sebagainya sesuai ruang lingkup dari BMKG itu sendiri. Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan beberapa tanggapan di kolom komentar Playstore, ditemukan berbagai macam persoalan pada aplikasi yang dapat membuat pengalaman pengguna menjadi buruk. Untuk mengurangi persoalan pengguna yang berhubungan dengan user experience, maka dilakukan evaluasi user experience sekaligus membuat desain perbaikan antarmukanya. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan UEQ (User Experience Questionnaire) untuk mengukur level user experience aplikasi dan HE (Heuristic Evaluation) untuk menemukan permasalahan yang lebih mendalam yang ditemukan oleh evaluator. Evaluasi pertama dihasilkan bahwasanya aplikasi mobile info BMKG memiliki level user experience yang netral dan kategori UEQ benchmark yang ”bad” untuk 4 skala yakni Attractiveness, Perspicuity, Efficiency dan Novelty serta mendapat kategori ”below average” untuk 2 skala yakni Dependability dan Stimulation. Selain itu sebanyak 17 permasalahan yang ditemukan oleh evaluator diberikan pula rekomendasi desain perbaikannya. Desain perbaikan yang sudah dibuat kemudian kembali diukur dimana didapatkan bahwasanya terjadi peningkatan pada level user experience menjadi positif dan kategori UEQ benchmark untuk skala Attractiveness, Efficiency, Dependability, Stimulation, dan Novelty berada pada kategori ”good” sedangkan skala Perspicuity berada pada kategori ”above average”.