Perlindungan Hukum Pengguna Facebook terhadap Penyalahgunaan Data Pribadi untuk keperluan Personalized Advertising (ditinjau dari Privacy Policy Facebook)

Main Author: Adhani, Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/169451/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas perlindungan hukum bagi pengguna Facebook dari penyalahgunaan data pribadi pengguna oleh pihak-pihak yang memiliki akses ke sistem untuk mengambil data untuk iklan yang dipersonalisasi dan bertujuan untuk mengetahui penyelesaian masalah atas penyalahgunaan data pribadi sesuai dengan yang ada peraturan. Penelitian ini dilakukan berdasarkan metode yuridis normatif, didukung oleh statuta, kasus, dan pendekatan komparatif. Penelitian ini mengungkapkan bahwa penyalahgunaan data pribadi untuk iklan pribadi hanya diatur dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 jo Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 dan secara khusus diatur dalam Peraturan Menteri Nomor 20 Tahun 2016 tentang Perlindungan Data Pribadi (PDP) sebagaimana juga diatur dalam beberapa Artikel yang mengatur secara represif dan preventif. Penelitian ini juga mempelajari bahwa proses litigasi dan non-litigasi dapat diambil untuk menyelesaikan perselisihan, tetapi solusi win-win tetap harus diprioritaskan.