Pengaruh Konten Video Unboxing Terhadap Perubahan Sikap Pada Generasi C (Studi Pada Subscribers Channel Youtube milik Frans Sanjaya)
Main Author: | Ramadhan, M. Rizki |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/169442/ |
Daftar Isi:
- Unboxing video” merupakan sebuah konten pemasaran pada media baru yang populer di YouTube didasari oleh kebutuhan dan permintaan konsumen terhadap ulasan-ulasan produk yang diproduksi secara independenperkembangan YouTube sebagai media sosial bersamaan dengan perkembangan internet sebagai media baru dan perkembangan pada penggunanya yang disebut sebagai Digital Native yaitu mereka yang selalu dikelilingi teknologi digital seperti komputer, internet, smartphone dan teknologi digital lainya. Mereka merepresentasikan diri mereka dalam kelompok konsumen yang terhubung yaitu Generasi C. merupakan kekuatan baru yang kuat dalam budaya dan perdagangan, diberdayakan oleh teknologi untuk mencari konten otentik yang mereka konsumsi pada semua platform new media yang mereka dapat gunakan, kapanpun dandimanapun mereka inginkan. Pada penelitian ini menggunakan intensitas, kualitas visual & audio dan kualitas pesan untuk menjelaskan „‟Unboxing Video‟‟ teori S-O-R yang menyatakan mengenai adanya perubahan sikap seseorang dikarenakan adanya pengaruh dari stimulus yang diberikan, serta perubahan sikap yang dirumuskan berdasarkan model hierarchy of effects.Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan metode survei dan teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan teknik analisis regresi linear berganda. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden yang merupakan generasi C yang menjadi subscribers pada channel YouTube Frans Sanjaya. Hasil analisis mendapatkan bahwa ketiga faktor intensitas, kualitas visual & audio dan kualitas pesan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perubahan sikap generasi C. pengujian menggunakan uji t menunjukan bahwa tiga variabel yang diteliti terbukti secara signifikan memengaruhi variabel dependen sikap generasi C.