Penerapan Dynamic Lighting Pada 2d Endless Runner Game Menggunakan Visibility Polygon Computation
Main Author: | Fitriajie, Arda Satata |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/169423/1/Arda%20Satata%20Fitriajie%20%282%29.pdf http://repository.ub.ac.id/169423/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul dynamic lighting pada video game dengan lingkungan 2D yang memiliki jenis endless runner yang menggunakan prinsip visibility polygon. Salah satu jenis efek grafis yang ada pada video game yaitu dynamic lighting, efek tersebut umumnya diterapkan pada game 3D yang mana efek tersebut dapat membawa kesan realistis dan immersive pada game yang dimainkan. Implementasi dynamic lighting pada game 2D pada penelitian sebelumya diimplementasikan menggunakan metode yang digunakan game 3D yaitu normal mapping, teknik tersebut lebih umum digunakan pada game top-down dan game dengan style isometric, sedangkan pada game yang akan diimplementasikan dapat digunakan teknik visibility polygon karena perspektif game yang dilihat dari samping. Pada penelitian ini akan diimplementasikan dynamic lighting menggunakan konsep visibility polygon karena sifat cahaya sama dengan konsep pengelihatan yang ada pada konsep visibility polygon pada bidang datar dua dimensi visibility polygon pada penelitian ini diimplementasikan menggunakan raycasting yang ditembakan dari suatu titik dan menyebar seperti sifat cahaya yang mana cahaya direpresentasikan dengan satu objek ray yang dipancarkan oleh modul. Berdasarkan kebutuhan diatas maka akan diimplementasikan modul dynamic lighting pada game 2D endless runner yang menghasilkan modul dynamic lighting yang diimplementasikan menggunakan raycasting yang memvisualisasikan visibility polygon dan didapatkan hasil pengujian fungsional 100% valid dan pengujian performa fps 2 kasus uji yang mendapat hasil fps diatas 24