Pengaruh City Branding “Shining Batu” terhadap Citra Kota dan Keputusan Berkunjung Wisatawan ke Kota Batu

Main Author: Rachmi, Dea Radista
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/169379/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh city branding terhadap city image; pengaruh city branding terhadap keputusan berkunjung; dan pengaruh city image terhadap keputusan berkunjung.Penelitian kuantitatif ini berjenis eksplanatif dengan paradigma positivistik menggunakan metode survei serta menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Dalam penelitian ini menggunakan populasi yaitu wisatawan nusantara yang berkunjung ke Kota Batu pada tahun 2012-2017 dan total sampel sebanyak 100 responden. Penelitian ini menggunakan alat uji instrument yaitu uji validitas dan reliabilitas. Uji asumsi klasik yang digunakan ialah uji normlitas, uji linearitas, uji multikolinieritas, uji heterokedastisitas, dan uji autokerelasi. Untuk analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan nahwa city branding (X) berpengaruh positif signifikan terhadap citra kota (Z), city branding (X) berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan berkunjung (Y), dan citra kota (Z) berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan berkunjung (Y). City branding “Shining Batu” berpengaruh terhadap keputusan berkunjung wisatawan ke Kota Batu melalui citra kota. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa keputusan berkunjung wisatawan ke Kota Batu dapat tercipta dan semakin meningkat diakibatkan city branding “Shining Batu” dan diukur melalui citra kota yang dipersepsikan oleh wisatawan.