Penerapan Dynamic Audio Pada 2d Endless Runner Game Menggunakan Pure Data

Main Author: Darmawan, Ade
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/169371/2/Ade%20Darmawan%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/169371/
Daftar Isi:
  • 2D platformer game adalah genre game yang di mana pemain menggerakkan karakter melalui sisi samping kamera dan diharuskan melewati rintangan yang ada untuk mencapai objektif tertentu. Teknik dalam pengembangan game untuk menambah pengalaman bermain juga berkembang sangat pesat. Dapat diambil contoh yaitu penerapan dynamic audio. Penggunaan dynamic audio dalam game akan memberikan kelebihan daripada menggunakan static audio dengan memasukkan beberapa asset untuk tiap gerakan. Penelitian ini menggunakan Pure Data untuk mengimplementasikan dynamic audio pada 2D endless runner game. Pure Data memiliki cara visual untuk memprogram suara, yaitu dengan menghubungkan kotak-kotak kecil bersama dengan kabel virtual. Oleh karena itu penggunaan Pure Data untuk menerapkan dynamic audio pada 2D endless runner game sangat disarankan dengan mempertimbangkan kemudahan dalam menerapkannya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari rancangan yang telah ditentukan sebelumnya didapatkan hasil valid dan berhasil dijalankan pada 2D endless runner game yang memiliki FPS tidak berbeda signifikan dengan penggunaan static audio. Rata-rata FPS yang didapat yaitu 62,4 FPS untuk dynamic audio dan 62,1 FPS untuk static audio yang dapat disimpulkan bahwa penerapan dynamic audio pada 2D Endless Runner Game tidak memberikan perbedaan performa.