Evaluasi Dan Perbaikan Usability Aplikasi Mobile Ojesy Menggunakan Metode Usability Testing Dan Use Questionnaire

Main Author: Ningrum, Sri Wulandari
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/169327/
Daftar Isi:
  • Ojesy merupakan aplikasi yang menyediakan layanan transportasi online untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dikalangan wanita dan anak-anak. Layanan tersebut berupa layanan ojek dan kurir. Aplikasi Ojesy sudah diunduh sebanyak 10 ribu kali, namun banyak pengguna memberikan ulasan negatif pada aplikasi karena masih memiliki kekurangan terkait permasalahan tampilan, fitur menu kurang, tidak terlihat titik pengemudi yang tersedia, GPS kurang akurat, pendektesian alamat susah sehingga mengisi alamat secara manual dan beberapa pengguna bingung melihat estimasi biaya. Berdasarkan dari ulasan pengguna tersebut mengacu pada permasalahan usability. Usability adalah aspek penting pengukuran kualitas aplikasi yang menjadi tolak ukur menentukan sejauh mana produk atau layanan dapat digunakan pengguna untuk mencapai tujuan dan seberapa mudah menggunakan antarmuka aplikasi tersebut. Pengukuran usability penelitian ini menggunakan metode usability testing dimana proses evaluasi dilakukan secara langsung pada sampel pengguna. Pengujian ini terdapat tiga tahap, pertama tes skenario tugas, kedua mengisi kuesioner dan ketiga wawancara. Pengujian juga menggunakan kuesioner USE yang mencakup empat parameter yaitu usefulness, ease of use, ease of learning dan satisfaction. Setiap parameter memiliki beberapa pernyataan yang diberikan kepada pengguna untuk menilai tingkat usability aplikasi Ojesy. Pengujian dilakukan sebanyak dua kali, yaitu pengujian awal untuk menganalis tingkat usability dan permasalahan awal sebelum diberikan rekomendasi. Kemudian pengujian akhir dilakukan rekomendasi perbaikan berupa prototype dengan menggunakan pedoman Material Design agar mendapatkan hasil yang baik, kemudian diuji kembali untuk mendapatkan nilai usability akhir. Hasil nilai kegunaan dari pengukuran usability awal adalah sebesar 42,75 % dengan predikat cukup dan nilai usability akhir setelah rekomendasi perbaikan tampilan sebesar 80,75 % dengan predikat baik.