Evaluasi Kualitas Layanan Situs Web Kkn Universitas Merdeka Pasuruan Menggunakan Metode Webqual 4.0 Dan Importance Performance Analysis (Ipa)

Main Author: Sari, Goesti Sofi Indah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/169315/1/Goesti%20Sofi%20Indah%20Sari%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/169315/
Daftar Isi:
  • Situs web KKN Unmer Pasuruan merupakan salah satu situs web yang dikelola oleh pihak PD-MTI Unmer Pasuruan, yang digunakan untuk proses registrasi KKN dan media penyaluran informasi KKN untuk mahasiswa semester 7. Selama situs ini digunakan, PD-MTI menerima beberapa keluhan seperti proses pengunggahan foto yang lama, informasi yang belum diperbarui. PD-MTI mengaku bahwa situs web KKN belum memperhatikan dari aspek desain. Dari permasalahan yang telah disebutkan, maka peneliti menilai perlu adanya evaluasi untuk mengukur kualitas situs web KKN dengan menggunakan metode WebQual 4.0. Karena permasalahan yang ada pada situs, sesuai dengan aspek yang ada pada WebQual. Importance Performance Analysis (IPA) digunakan mengetahui nilai atribut situs web KKN. Penelitian ini menggunakan 22 instrumen dari WebQual 4.0. Kuesioner dibagikan kepada 163 sampel yang telah ditentukan. Hasil kuesioner dianalisis menggunakan metode IPA yang meliputi analisis tingkat kesesuaian, analisis tingkat kesenjangan dan analisis kuadran. Hasil penelitian ini, didapatkan hasil persentase tingkat analisis kesesuaian situs web KKN Unmer kurang dari 100% yaitu sebesar 94.92% dan sebesar 94.69% jika tidak melibatkan nilai atribut nomor 17. Yaitu “Saya merasa aman untuk melakukan transaksi melalui situs ini”. Sedangkan untuk hasil analisis kesenjangan didapatkan nilai sebesar -0.258 dan -0.269 dengan melibatkan dan tidak melibatkan atribut nomor 17. Hasil tersebut menunjukkan bahwa tingkat kinerja situs web masih dinilai rendah oleh pengguna dan belum bisa memenuhi apa yang diinginkan oleh pengguna situs. Hasil kuadran IPA menunjukkan terdapat 3 atribut pada kuadran I (prioritas utama), 9 atribut pada kuadran II (pertahankan kualitas), 7 atribut pada kuadran III (prioritas rendah) dan 3 atribut pada kuadran IV (berlebihan). Dari hasil yang didapatkan, peneliti berharap untuk penelitian selanjutnya lebih memperbanyak sampel penelitian untuk dan juga terdapat hasil rekomendasi perbaikan desain antarmuka situs untuk pihak terkait.