Evaluasi Dan Perbaikan Antarmuka Pengguna Menggunakan Pendekatan User Centered Design (UCD) Dan Card Sorting (Studi Kasus: Website Awake Project Malang)

Main Author: Gunawan, Muh. Indra
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/169312/1/MUH%20INDRA%20GUNAWAN%20-%20SKRIPSI%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/169312/
Daftar Isi:
  • Awake Project merupakan sebuah merek dan toko pakaian yang berada di Kota Malang. Awake Project juga memanfaatkan website untuk memberikan informasi harga produk dan cara pembelian produk. Website Awake Project memerlukan perbaikan dari sisi tampilan antarmuka pengguna dan penambahan menu Profile. Untuk melakukan perbaikan website dengan desain yang dapat diterima oleh pengguna, digunakan pendekatan User Centered Design yang menempatkan pengguna sebagai pusat dari proses pengembangan website dan teknik Card Sorting untuk melakukan perancangan arsitektur informasi pada website. Penelitian ini berfokus pada perbaikan antarmuka pengguna berdasarkan masalah yang didapatkan dari hasil evaluasi awal menggunakan kuesioner System Usability Scale yang dibagikan ke 20 responden, wawancara dengan 5 pengguna dan 1 stakeholder. Penelitian ini membahas dimulai dari evaluasi awal, penentuan konteks pengguna, spesifikasi kebutuhan pengguna, perbaikan desain antarmuka dan evaluasi akhir. Evaluasi awal menggunakan kuesioner System Usability Scale mendapatkan skor rata-rata sebesar 41, tingkat Acceptability Ranges masuk dalam kategori Not Acceptable, Grade Scale masuk dalam kategori F, Adjective Rating mendapatkan kategori OK dan Percentile Rank masuk dalam kategori Grade F. Kemudian pada evaluasi akhir menggunakan kuesioner System Usability Scale mendapatkan skor rata-rata sebesar 83.625, tingkat Acceptability Ranges masuk dalam kategori Acceptable, Grade Scale masuk dalam kategori B, Adjective Rating mendapatkan kategori Excellent dan Percentile Rank masuk dalam kategori Grade A. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa setelah dilakukan perbaikan, permasalahan yang ada dapat terselesaikan dan dapat diterima oleh pengguna umum dan stakeholder.