Pengembangan Aplikasi Mobile Pengaduan Layanan dan Maintenance Berbasis Android Pada Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya
Main Author: | Hayati, Hanoum Eva |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/169276/1/HANOUM%20EVA%20HAYATI%20NASKAH%20%282%29.pdf http://repository.ub.ac.id/169276/ |
Daftar Isi:
- Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM) memiliki sub bagian umum dan perlengkapan yang salah satunya bertanggung jawab dalam menangani pengaduan-pengaduan keluhan dan juga melakukan maintenance layanan di FILKOM. Dalam melaksanakan tanggung jawab tersebut, sub bagian umum dan perlengkapan mengalami kesulitan akibat mekanisme yang masih belum berjalan dengan optimal. Hal tersebut mengakibatkan pengaduan berasal dari berbagai macam sumber sehingga tidak dapat terdata dengan baik dan pengadu sering mengeluh dengan penanganan pengaduan yang sudah dilaporkannya. Dalam melakukan maintenance, pendataan riwayat suatu inventaris juga masih belum optimal. Agar pelaksanaan fungsi tersebut berjalan dengan optimal maka dibutuhkan suatu wadah yang menjadi tempat pengaduan keluhan dan juga penjadwalan maintenance. Salah satu solusinya yaitu dengan pengembangan aplikasi pengaduan layanan dan maintenance (PLM) berbasis android. Penelitian ini diawali dengan proses rekayasa kebutuhan yang menghasilkan 18 kebutuhan fungsional dan 2 kebutuhan non fungsional serta 3 role aktor. Dalam pengembangannya, aplikasi PLM menerapkan metode waterfall karena kebutuhan sudah terdefinisi secara keseluruhan diawal. Kemudian perancangan dilakukan dengan pemodelan berorientasi objek dan implementasi program menggunakan bahasa java pada Android Studio serta implementasi data menggunakan Firebase. Berdasarkan proses pengujian, didapatkan hasil 100% valid untuk pengujian unit, validasi, dan compatibility serta didapatkan hasil pengujian usability dengan nilai 100% untuk metode skenario tugas dan 97,2% untuk metode kuesioner USE