Maketing Politik Dalam Pemilihan Kepala Daerah Kota Malang Tahun 2018 (Studi Kasus Pemenangan Pasangan Calon Kepala Daerah Sutiaji – Sofyan Edi Jarwoko)

Main Author: Mufassir, Tubagus Achmad Maudy
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/169274/
Daftar Isi:
  • Judul Penelitian ini adalah Marketing Politik Dalam Pemilihan Kepala Daerah Kota Malang Tahun 2018 (Studi Kasus Pemenangan Pasangan Calon Kepala Daerah Sutiaji-Sofyan Edi Jarwoko). Sebuah proses Pemilihan Umum Kepala Daerah selalu memiliki calon kandidatnya, partai politik yang mengusung dan mendukung, serta strategi yang digunakan untuk memasarkan kandidat tersebut. Tim pemenangan kandidat harus memahami konsep marketing politik untuk memasarkan kandidat tersebut menuju kemenangan. Teori marketing politik yang digunakan adalah menurut Adman Nursal. Untuk metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif dengan tipe studi kasus, serta untuk penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Dalam pembahasan skripsi ini, dijelaskan bahwa suatu partai politik harus mempunyai positioning yang jelas dalam menghadapi Pemilihan Umum dengan memiliki tiga unsur, yaitu Policy (tawaran program), Person (kandidat), dan Party (Partai Politik peserta Pemilihan Umum). Hasil dari analisa peneliti mengenai skripsi ini yaitu pasangan calon kepala daerah Sutiaji-Sofyan Edi Jarwoko bersama tim pemenangan SAE tidak menggunakan prinsip-prinsip marketing politik Adman Nursal secara penuh. Karena dalam tahapan penentuan segmentasi pasar, mereka menggunakan teknik canvassing yang digunakan dengan cara turun langsung ke rumah-rumah masyarakat berdasarkan data yang telah diperoleh tim pemenangan SAE. Tim pemenangan SAE menggunakan penyampaian pesan politik menurut Adman Nursal, yaitu push marketing (stimulan yang digunakan berdasarkan hasil dari segmentasi masyarakat), pass marketing (menggunakan individu atau kelompok untuk memengaruhi), dan pull marketing (penggunaan simbol atau image politik yang sesuai dengan keinginan masyarakat). Perolehan suara Pemilihan Kepala Daerah Kota Malang Tahun 2018, pasangan calon Ya’qud Ananda Gudban-Ahmad Wanedi mendapat 69.973 suara, pasangan calon Moch. Anton-Syamsul Mahmud mendapat 135.710 suara dan pasangan calon Sutiaji-Sofyan Edi Jarwoko mendapatkan kemenangan 165.194 suara atau 44.54% dari total suara masuk sah sebesar 370.877.