Pengembangan Aplikasi Mobile Pengaduan Masyarakat Pada Dinas Perhubungan Kota Malang Menggunakan Fitur Location Based Service Berbasis Android
Main Author: | Eriyan, Fegi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/169268/1/FEGI%20ERIYANI%20%282%29.pdf http://repository.ub.ac.id/169268/ |
Daftar Isi:
- Pengaduan masyarakat merupakan elemen yang penting dalam suatu instansi daerah karena bertujuan untuk melihat keberhasilan kerja yang telah dilakukan, memperbaiki kekurangan dan menerima saran dari tugas yang sudah dilaksanakan. Pengaduan masyarakat biasanya sering terjadi pada bidang sarana fasilitas dan pelayanan umum, dimana bidang tersebut ditangani oleh Dinas Perhubungan. Pengaduan masyarakat yang ada belum tersampaikan dengan baik karena kurangnya informasi untuk hal pengaduan sehingga tidak mengetahui tempat atau sarana untuk menyampaikan keluhan atas buruknya pelayanan publik, karena tidak adanya alur yang jelas atas keluhan masyarakat. Maka pada penelitian ini akan mengembangkan sebuah aplikasi pengaduan masyarakat pada Dinas Perhubungan Kota Malang berbasis Android guna memudahkan masyarakat dalam melaporkan keluhannya. Aplikasi ini menggunakan fitur location based service yang digunakan untuk memudahkan dalam pencarian lokasi pelapor dengan mengetahuinya melalui keberadaan posisi smartphone pelapor. Location based service ialah layanan informasi lokasi menampilkan lokasi geografis smartphone pengguna yang dapat diakses dengan memanfaatkan smartphone tersebut. Aplikasi pengaduan masyarakat dapat mengirimkan bukti keluhan yang terjadi seperti foto melalui aplikasi smartphone dengan mengambil foto tersebut dari kamera langsung ataupun dari gallery smartphone pelapor. Aplikasi mobile dirancang menggunakan pemodelan berorientasi object dan diimplementasikan dengan menggunakan bahasa pemrograman Java dengan database MySQL sedangkan web untuk administrator dibangun dengan menggunakan framework laravel. Aplikasi ini dilakukan pengujian dengan menggunakan whitebox testing untuk pengujian unit dan pengujian integrasi, blackbox testing untuk pengujian validasi serta menggunakan pengujian usability. Hasil pengujian pada aplikasi pengaduan masyarakat menyatakan bahwa aplikasi ini dapat berjalan sesuai kebutuhan dan dapat digunakan dengan mudah oleh pengguna dengan memiliki score System Usability Scale 83,75 atau dapat dikatakan acceptable.