Peran Stakeholders Dalam Perancangan City Branding “Kota Karismatik Madiun"

Main Author: Pradana, Bayu Ferdian Gilang
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/169114/
Daftar Isi:
  • Amanat Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004, tentang Pemerintahan Daerah, yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan kondisi, kekhasan, dan potensi unggulan daerah yang bersangkutan, maka setiap daerah memiliki tantangan untuk dapat bersaing menonjolkan identitasnya dan mengemas potensi daerah yang dimiliki sedemikian rupa sehingga berbeda dari kompetitornya. Implementasi city branding juga diterapkan oleh kota Madiun. Perlu adanya sinergi antara persepsi, peran dan kepentingan dari stakeholders. Sehingga stakeholders memiliki peran yang penting dalam proses perancangan city branding suatu kota, baik untuk substansi maupun pilihan strategis dibalik pembentukan brand serta dampak yang ditimbulkan oleh proses branding tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran stakeholders dalam perancangan city branding “Kota Karismatik Madiun”.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk memberikan gambaran secara obyektif, tentang interpretasi stakeholders kota Madiun terkait perancangan city branding “Kota Karismatik Madiun”. Peneliti menggunakan Teknik pengumpulan data melalui studi dokumen berupa tabloid dan wawancara dengan pihak-pihak yang terkait dalam perancangan city branding kota Madiun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa selama proses perancangan city branding Kota Karismatik Madiun melibatkan peran beberapa stakeholders penting kota Madiun yang terdiri dari pemerintah, lembaga swasta dan masyarakat umum. Keputusan memberikan slogan Kota Karismatik Madiun merupakan sebuah harapan untuk penggambaran karakter masyarakat kota Madiun yang mempunyai jiwa berkarisma, diharapkan dapat membuat masyarakat kota Madiun lebih percaya diri untuk mengenalkan kota Madiun kepada masyarakat luas. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa peran masing-masing stakeholders tidak bisa dipisahkan dari sejauh mana kepentingan stakeholders tersebut terhadap city branding Kota Madiun.