Penerapan Flocking Behavior Untuk Pergerakan Berkelompok Non Player Character Pada 2d Endless Runner Game

Main Author: -, Yosua
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/169098/1/Yosua%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/169098/
Daftar Isi:
  • 2D Endless Runner Game merupakan game dimana seorang player akan bergerak maju terus menerus, dimana pada game ini tidak memiliki titik akhir dan juga memiliki rintangan yang membuat player menjadi tertantang untuk bermain. Rintangan yang ada pada beberapa game Endless ada beberapa macam, untuk penelitian ini game yang dibuat akan memiliki rintangan, mulai dari obstacle dan pergerakan kelompok. Pergerakan Kelompok dalam game endless ini memiliki rintangan dimana ada lawan yang berjumlah banyak akan bergerak secara bersamaan untuk menyerang player. Untuk kelompok yang dapat menyerang player ini akan diterapkan pada NPC yang bergerak secara bersamaan. Untuk pergerakan berkelompok sendiri salah satu nya yaitu Flocking. Flocking merupakan teknik paling popular dari kecerdasan buatan yang dapat menggerakan suatu kelompok.Dalam pergerakan flocking kadang memiliki saat dimana pergerakan tersebut akan tertahan maka dari itu akan di gunakan pathfinding yaitu A* agar pergerakan kelompok tidak tertahan. Dari permesalahan tersebut peneliti akan membuat game dengan pergerakan kelompok lawan yang memiliki Flocking Behavior. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa flocking dapat diterapkan di pergerakan berkelompok dan FPS yang dihasilkan berpengaruh terhadap jumlah NPC dalam kelompok, hasil ini dibuktikan dengan pengujian 3 NPC menghasilkan FPS berkisar 43,6 dan dengan 8 NPC menghasilkan FPS berkisar 33,7. NPC juga berhasil sampai ke tujuan tanpa ada yang terhambat.