Evaluasi Tingkat Kematangan Manajemen Layanan Pemantauan Base Transceiver Station (Bts) Pada Unit Network Monitoring System (Nms) Berdasarkan Itil V3 Dengan Domain Service Operation Pada Badan Aksesibilitas Telekomunikasi Dan Informasi Kominfo
Main Author: | Mahardhika, Selaras Aura |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/169077/1/Selaras%20Aura%20Mahardhika%20%282%29.pdf http://repository.ub.ac.id/169077/ |
ctrlnum |
169077 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/169077/</relation><title>Evaluasi Tingkat Kematangan Manajemen Layanan
Pemantauan Base Transceiver Station (Bts) Pada
Unit Network Monitoring System (Nms)
Berdasarkan Itil V3 Dengan Domain Service
Operation Pada Badan Aksesibilitas Telekomunikasi
Dan Informasi Kominfo</title><creator>Mahardhika, Selaras Aura</creator><subject>005.43 Systems programs</subject><description>Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) merupakan unit kerja di
bawah naungan Kementerian Komunikasi dan Informatika yang bertugas untuk
memberikan layanan akses telekomunikasi khususnya pada daerah 3T yaitu daerah
Terpencil, Terluar dan Tertinggal. BAKTI memiliki banyak program prioritas,
salahsatunya yaitu pembangunan proyek Base Transceiver Station (BTS). Setelah
pembangunan BTS terlaksana, dilakukan pemantauan kinerja perangkat BTS
dengan menggunakan aplikasi PRTG yang dikelola oleh unit kerja NMS, sedangkan
pengguna layanan pemantauan tersebut ialah pihak penyedia komponen BTS.
Dalam pelaksanaannya, ditemukan ada beberapa site yang memiliki selisih nilai
avaibility antara nilai yang tertera pada PRTG BAKTI dengan nilai yang tertera pada
PRTG para penyedia komponen. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui letak penyebab permasalahan yang terjadi dan melakukan evaluasi
terhadap manajemen layanan pemantauan BTS terhadap unit kerja NMS yang
mengelolanya. Evaluasi ini menggunakan kerangka kerja ITIL V3 dengan
menggunakan domain Service Operation. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan,
nilai kematangan yang didapatkan adalah 1,93 atau berada pada level 2. Dari unit
NMS pun menginginkan tingkat kematangan mencapai nilai 2,76 atau pada level 3.
Oleh karena itu untuk mencapai nilai harapan yang diinginkan, maka penelitian ini
menghasilkan 21 rekomendasi untuk memperbaiki dan memenuhi kekurangan
yang ada pada manajamen layanan unit NMS BAKTI.</description><date>2019-01-02</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/169077/1/Selaras%20Aura%20Mahardhika%20%282%29.pdf</identifier><identifier> Mahardhika, Selaras Aura (2019) Evaluasi Tingkat Kematangan Manajemen Layanan Pemantauan Base Transceiver Station (Bts) Pada Unit Network Monitoring System (Nms) Berdasarkan Itil V3 Dengan Domain Service Operation Pada Badan Aksesibilitas Telekomunikasi Dan Informasi Kominfo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FILKOM/2019/161/051902331</relation><recordID>169077</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Mahardhika, Selaras Aura |
title |
Evaluasi Tingkat Kematangan Manajemen Layanan
Pemantauan Base Transceiver Station (Bts) Pada
Unit Network Monitoring System (Nms)
Berdasarkan Itil V3 Dengan Domain Service
Operation Pada Badan Aksesibilitas Telekomunikasi
Dan Informasi Kominfo |
publishDate |
2019 |
topic |
005.43 Systems programs |
url |
http://repository.ub.ac.id/169077/1/Selaras%20Aura%20Mahardhika%20%282%29.pdf http://repository.ub.ac.id/169077/ |
contents |
Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) merupakan unit kerja di
bawah naungan Kementerian Komunikasi dan Informatika yang bertugas untuk
memberikan layanan akses telekomunikasi khususnya pada daerah 3T yaitu daerah
Terpencil, Terluar dan Tertinggal. BAKTI memiliki banyak program prioritas,
salahsatunya yaitu pembangunan proyek Base Transceiver Station (BTS). Setelah
pembangunan BTS terlaksana, dilakukan pemantauan kinerja perangkat BTS
dengan menggunakan aplikasi PRTG yang dikelola oleh unit kerja NMS, sedangkan
pengguna layanan pemantauan tersebut ialah pihak penyedia komponen BTS.
Dalam pelaksanaannya, ditemukan ada beberapa site yang memiliki selisih nilai
avaibility antara nilai yang tertera pada PRTG BAKTI dengan nilai yang tertera pada
PRTG para penyedia komponen. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui letak penyebab permasalahan yang terjadi dan melakukan evaluasi
terhadap manajemen layanan pemantauan BTS terhadap unit kerja NMS yang
mengelolanya. Evaluasi ini menggunakan kerangka kerja ITIL V3 dengan
menggunakan domain Service Operation. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan,
nilai kematangan yang didapatkan adalah 1,93 atau berada pada level 2. Dari unit
NMS pun menginginkan tingkat kematangan mencapai nilai 2,76 atau pada level 3.
Oleh karena itu untuk mencapai nilai harapan yang diinginkan, maka penelitian ini
menghasilkan 21 rekomendasi untuk memperbaiki dan memenuhi kekurangan
yang ada pada manajamen layanan unit NMS BAKTI. |
id |
IOS4666.169077 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2021-10-28T06:53:28Z |
last_indexed |
2021-10-28T06:53:28Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751454139426013184 |
score |
17.538404 |