Evaluasi Tingkat Kematangan Manajemen Layanan Pemantauan Base Transceiver Station (Bts) Pada Unit Network Monitoring System (Nms) Berdasarkan Itil V3 Dengan Domain Service Operation Pada Badan Aksesibilitas Telekomunikasi Dan Informasi Kominfo

Main Author: Mahardhika, Selaras Aura
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/169077/1/Selaras%20Aura%20Mahardhika%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/169077/
ctrlnum 169077
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/169077/</relation><title>Evaluasi Tingkat Kematangan Manajemen Layanan&#xD; Pemantauan Base Transceiver Station (Bts) Pada&#xD; Unit Network Monitoring System (Nms)&#xD; Berdasarkan Itil V3 Dengan Domain Service&#xD; Operation Pada Badan Aksesibilitas Telekomunikasi&#xD; Dan Informasi Kominfo</title><creator>Mahardhika, Selaras Aura</creator><subject>005.43 Systems programs</subject><description>Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) merupakan unit kerja di&#xD; bawah naungan Kementerian Komunikasi dan Informatika yang bertugas untuk&#xD; memberikan layanan akses telekomunikasi khususnya pada daerah 3T yaitu daerah&#xD; Terpencil, Terluar dan Tertinggal. BAKTI memiliki banyak program prioritas,&#xD; salahsatunya yaitu pembangunan proyek Base Transceiver Station (BTS). Setelah&#xD; pembangunan BTS terlaksana, dilakukan pemantauan kinerja perangkat BTS&#xD; dengan menggunakan aplikasi PRTG yang dikelola oleh unit kerja NMS, sedangkan&#xD; pengguna layanan pemantauan tersebut ialah pihak penyedia komponen BTS.&#xD; Dalam pelaksanaannya, ditemukan ada beberapa site yang memiliki selisih nilai&#xD; avaibility antara nilai yang tertera pada PRTG BAKTI dengan nilai yang tertera pada&#xD; PRTG para penyedia komponen. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk&#xD; mengetahui letak penyebab permasalahan yang terjadi dan melakukan evaluasi&#xD; terhadap manajemen layanan pemantauan BTS terhadap unit kerja NMS yang&#xD; mengelolanya. Evaluasi ini menggunakan kerangka kerja ITIL V3 dengan&#xD; menggunakan domain Service Operation. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan,&#xD; nilai kematangan yang didapatkan adalah 1,93 atau berada pada level 2. Dari unit&#xD; NMS pun menginginkan tingkat kematangan mencapai nilai 2,76 atau pada level 3.&#xD; Oleh karena itu untuk mencapai nilai harapan yang diinginkan, maka penelitian ini&#xD; menghasilkan 21 rekomendasi untuk memperbaiki dan memenuhi kekurangan&#xD; yang ada pada manajamen layanan unit NMS BAKTI.</description><date>2019-01-02</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/169077/1/Selaras%20Aura%20Mahardhika%20%282%29.pdf</identifier><identifier> Mahardhika, Selaras Aura (2019) Evaluasi Tingkat Kematangan Manajemen Layanan Pemantauan Base Transceiver Station (Bts) Pada Unit Network Monitoring System (Nms) Berdasarkan Itil V3 Dengan Domain Service Operation Pada Badan Aksesibilitas Telekomunikasi Dan Informasi Kominfo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FILKOM/2019/161/051902331</relation><recordID>169077</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Mahardhika, Selaras Aura
title Evaluasi Tingkat Kematangan Manajemen Layanan Pemantauan Base Transceiver Station (Bts) Pada Unit Network Monitoring System (Nms) Berdasarkan Itil V3 Dengan Domain Service Operation Pada Badan Aksesibilitas Telekomunikasi Dan Informasi Kominfo
publishDate 2019
topic 005.43 Systems programs
url http://repository.ub.ac.id/169077/1/Selaras%20Aura%20Mahardhika%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/169077/
contents Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) merupakan unit kerja di bawah naungan Kementerian Komunikasi dan Informatika yang bertugas untuk memberikan layanan akses telekomunikasi khususnya pada daerah 3T yaitu daerah Terpencil, Terluar dan Tertinggal. BAKTI memiliki banyak program prioritas, salahsatunya yaitu pembangunan proyek Base Transceiver Station (BTS). Setelah pembangunan BTS terlaksana, dilakukan pemantauan kinerja perangkat BTS dengan menggunakan aplikasi PRTG yang dikelola oleh unit kerja NMS, sedangkan pengguna layanan pemantauan tersebut ialah pihak penyedia komponen BTS. Dalam pelaksanaannya, ditemukan ada beberapa site yang memiliki selisih nilai avaibility antara nilai yang tertera pada PRTG BAKTI dengan nilai yang tertera pada PRTG para penyedia komponen. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui letak penyebab permasalahan yang terjadi dan melakukan evaluasi terhadap manajemen layanan pemantauan BTS terhadap unit kerja NMS yang mengelolanya. Evaluasi ini menggunakan kerangka kerja ITIL V3 dengan menggunakan domain Service Operation. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, nilai kematangan yang didapatkan adalah 1,93 atau berada pada level 2. Dari unit NMS pun menginginkan tingkat kematangan mencapai nilai 2,76 atau pada level 3. Oleh karena itu untuk mencapai nilai harapan yang diinginkan, maka penelitian ini menghasilkan 21 rekomendasi untuk memperbaiki dan memenuhi kekurangan yang ada pada manajamen layanan unit NMS BAKTI.
id IOS4666.169077
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-28T06:53:28Z
last_indexed 2021-10-28T06:53:28Z
recordtype dc
_version_ 1751454139426013184
score 17.538404