Pengembangan Aplikasi Voice Call Dengan Management Kontak Berbasis Suara Bagi Pengguna Tuna Netra

Main Author: Suryani, Guidita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/169042/1/Guidita%20Suryani%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/169042/
ctrlnum 169042
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/169042/</relation><title>Pengembangan Aplikasi Voice Call Dengan&#xD; Management Kontak Berbasis Suara Bagi Pengguna&#xD; Tuna Netra</title><creator>Suryani, Guidita</creator><subject>005.437 User interfaces</subject><description>Dengan adanya smartphone memungkinkan setiap orang untuk berkomunikasi&#xD; baik verbal maupun non-verbal, dengan sangat mudah dan dapat dilakukan kapan&#xD; pun dan di mana pun. Namun, bagi penyandang tuna netra yang memiliki&#xD; keterbatasan dalam konteks visual merasa sulit untuk mengoperasikan&#xD; smartphone yang kebanyakan menggunakan teknologi layar sentuh dengan layar&#xD; datar. Untuk mengatasi masalah yang dialami oleh penyandang tunanetra dalam&#xD; berkomunikasi dengan menggunakan smartphone, maka melalui penelitian ini&#xD; dilakukan sebuah pengembangan aplikasi komunikasi verbal dalam bentuk&#xD; panggilan telepon/voice call yang juga mampu menangani manajemen kontak&#xD; telepon seperti menambah, mengubah data kontak, dan menghapus kontak.&#xD; Aplikasi ini juga dirancang secara khusus dengan menggunakan voice&#xD; interaction yang memanfaatkan Google API, sehingga pengguna dapat melakukan&#xD; kontrol terhadap aplikasi dengan hanya menggunakan suara dan umpan balik yang&#xD; diterima juga dalam bentuk suara. Dalam perancangan aplikasi ini juga&#xD; menggunakan pendekatan Human Centered Design (HCD), yang melibatkan calon&#xD; pengguna dalam setiap proses perancangan sehingga hasil akhir dari aplikasi ini&#xD; sudah memenuhi kebutuhan pengguna. Berdasarkan pengujian usability&#xD; menggunakan System Usability Scale (SUS) yang memperoleh rata-rata nilai&#xD; sebesar 86 yang menunjukkan kualitas aplikasi sudah berada pada rating&#xD; &#x201C;excelent&#x201D; dan sudah dirasa mudah untuk digunakan oleh pengguna. Selain itu&#xD; kualitas dari layanan voice interaction yang disediakan pada aplikasi juga sudah&#xD; teruji memiliki kualitas yang baik (Good), yang ditunjukkan berdasarkan nilai ratarata 4,2 yang diperoleh dari pengujian Mean Opinion Score (MOS) testing.</description><date>2019-01-03</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/169042/1/Guidita%20Suryani%20%282%29.pdf</identifier><identifier> Suryani, Guidita (2019) Pengembangan Aplikasi Voice Call Dengan Management Kontak Berbasis Suara Bagi Pengguna Tuna Netra. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FILKOM/2019/162/051902332</relation><recordID>169042</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Suryani, Guidita
title Pengembangan Aplikasi Voice Call Dengan Management Kontak Berbasis Suara Bagi Pengguna Tuna Netra
publishDate 2019
topic 005.437 User interfaces
url http://repository.ub.ac.id/169042/1/Guidita%20Suryani%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/169042/
contents Dengan adanya smartphone memungkinkan setiap orang untuk berkomunikasi baik verbal maupun non-verbal, dengan sangat mudah dan dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun. Namun, bagi penyandang tuna netra yang memiliki keterbatasan dalam konteks visual merasa sulit untuk mengoperasikan smartphone yang kebanyakan menggunakan teknologi layar sentuh dengan layar datar. Untuk mengatasi masalah yang dialami oleh penyandang tunanetra dalam berkomunikasi dengan menggunakan smartphone, maka melalui penelitian ini dilakukan sebuah pengembangan aplikasi komunikasi verbal dalam bentuk panggilan telepon/voice call yang juga mampu menangani manajemen kontak telepon seperti menambah, mengubah data kontak, dan menghapus kontak. Aplikasi ini juga dirancang secara khusus dengan menggunakan voice interaction yang memanfaatkan Google API, sehingga pengguna dapat melakukan kontrol terhadap aplikasi dengan hanya menggunakan suara dan umpan balik yang diterima juga dalam bentuk suara. Dalam perancangan aplikasi ini juga menggunakan pendekatan Human Centered Design (HCD), yang melibatkan calon pengguna dalam setiap proses perancangan sehingga hasil akhir dari aplikasi ini sudah memenuhi kebutuhan pengguna. Berdasarkan pengujian usability menggunakan System Usability Scale (SUS) yang memperoleh rata-rata nilai sebesar 86 yang menunjukkan kualitas aplikasi sudah berada pada rating “excelent” dan sudah dirasa mudah untuk digunakan oleh pengguna. Selain itu kualitas dari layanan voice interaction yang disediakan pada aplikasi juga sudah teruji memiliki kualitas yang baik (Good), yang ditunjukkan berdasarkan nilai ratarata 4,2 yang diperoleh dari pengujian Mean Opinion Score (MOS) testing.
id IOS4666.169042
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-28T06:53:28Z
last_indexed 2021-10-28T06:53:28Z
recordtype dc
_version_ 1751454139855929344
score 17.538404