Pengembangan Aplikasi Voice Call Dengan Management Kontak Berbasis Suara Bagi Pengguna Tuna Netra
Main Author: | Suryani, Guidita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/169042/1/Guidita%20Suryani%20%282%29.pdf http://repository.ub.ac.id/169042/ |
ctrlnum |
169042 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/169042/</relation><title>Pengembangan Aplikasi Voice Call Dengan
Management Kontak Berbasis Suara Bagi Pengguna
Tuna Netra</title><creator>Suryani, Guidita</creator><subject>005.437 User interfaces</subject><description>Dengan adanya smartphone memungkinkan setiap orang untuk berkomunikasi
baik verbal maupun non-verbal, dengan sangat mudah dan dapat dilakukan kapan
pun dan di mana pun. Namun, bagi penyandang tuna netra yang memiliki
keterbatasan dalam konteks visual merasa sulit untuk mengoperasikan
smartphone yang kebanyakan menggunakan teknologi layar sentuh dengan layar
datar. Untuk mengatasi masalah yang dialami oleh penyandang tunanetra dalam
berkomunikasi dengan menggunakan smartphone, maka melalui penelitian ini
dilakukan sebuah pengembangan aplikasi komunikasi verbal dalam bentuk
panggilan telepon/voice call yang juga mampu menangani manajemen kontak
telepon seperti menambah, mengubah data kontak, dan menghapus kontak.
Aplikasi ini juga dirancang secara khusus dengan menggunakan voice
interaction yang memanfaatkan Google API, sehingga pengguna dapat melakukan
kontrol terhadap aplikasi dengan hanya menggunakan suara dan umpan balik yang
diterima juga dalam bentuk suara. Dalam perancangan aplikasi ini juga
menggunakan pendekatan Human Centered Design (HCD), yang melibatkan calon
pengguna dalam setiap proses perancangan sehingga hasil akhir dari aplikasi ini
sudah memenuhi kebutuhan pengguna. Berdasarkan pengujian usability
menggunakan System Usability Scale (SUS) yang memperoleh rata-rata nilai
sebesar 86 yang menunjukkan kualitas aplikasi sudah berada pada rating
“excelent” dan sudah dirasa mudah untuk digunakan oleh pengguna. Selain itu
kualitas dari layanan voice interaction yang disediakan pada aplikasi juga sudah
teruji memiliki kualitas yang baik (Good), yang ditunjukkan berdasarkan nilai ratarata 4,2 yang diperoleh dari pengujian Mean Opinion Score (MOS) testing.</description><date>2019-01-03</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/169042/1/Guidita%20Suryani%20%282%29.pdf</identifier><identifier> Suryani, Guidita (2019) Pengembangan Aplikasi Voice Call Dengan Management Kontak Berbasis Suara Bagi Pengguna Tuna Netra. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FILKOM/2019/162/051902332</relation><recordID>169042</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Suryani, Guidita |
title |
Pengembangan Aplikasi Voice Call Dengan
Management Kontak Berbasis Suara Bagi Pengguna
Tuna Netra |
publishDate |
2019 |
topic |
005.437 User interfaces |
url |
http://repository.ub.ac.id/169042/1/Guidita%20Suryani%20%282%29.pdf http://repository.ub.ac.id/169042/ |
contents |
Dengan adanya smartphone memungkinkan setiap orang untuk berkomunikasi
baik verbal maupun non-verbal, dengan sangat mudah dan dapat dilakukan kapan
pun dan di mana pun. Namun, bagi penyandang tuna netra yang memiliki
keterbatasan dalam konteks visual merasa sulit untuk mengoperasikan
smartphone yang kebanyakan menggunakan teknologi layar sentuh dengan layar
datar. Untuk mengatasi masalah yang dialami oleh penyandang tunanetra dalam
berkomunikasi dengan menggunakan smartphone, maka melalui penelitian ini
dilakukan sebuah pengembangan aplikasi komunikasi verbal dalam bentuk
panggilan telepon/voice call yang juga mampu menangani manajemen kontak
telepon seperti menambah, mengubah data kontak, dan menghapus kontak.
Aplikasi ini juga dirancang secara khusus dengan menggunakan voice
interaction yang memanfaatkan Google API, sehingga pengguna dapat melakukan
kontrol terhadap aplikasi dengan hanya menggunakan suara dan umpan balik yang
diterima juga dalam bentuk suara. Dalam perancangan aplikasi ini juga
menggunakan pendekatan Human Centered Design (HCD), yang melibatkan calon
pengguna dalam setiap proses perancangan sehingga hasil akhir dari aplikasi ini
sudah memenuhi kebutuhan pengguna. Berdasarkan pengujian usability
menggunakan System Usability Scale (SUS) yang memperoleh rata-rata nilai
sebesar 86 yang menunjukkan kualitas aplikasi sudah berada pada rating
“excelent” dan sudah dirasa mudah untuk digunakan oleh pengguna. Selain itu
kualitas dari layanan voice interaction yang disediakan pada aplikasi juga sudah
teruji memiliki kualitas yang baik (Good), yang ditunjukkan berdasarkan nilai ratarata 4,2 yang diperoleh dari pengujian Mean Opinion Score (MOS) testing. |
id |
IOS4666.169042 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2021-10-28T06:53:28Z |
last_indexed |
2021-10-28T06:53:28Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751454139855929344 |
score |
17.538404 |