Analisis Pengelolaan Personal Branding Pada Atlet Bulutangkis Indonesia Melalui Instagram (Analiasis Isi Kualitatif pada Akun Instagram @fajaralfian95 dan @rianardianto)

Main Author: Issiana, Leni
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/169032/
Daftar Isi:
  • Media sosial adalah sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan saat ini. Instagram merupakan salah satu media sosial dengan tingkat pengguna paling tinggi di Indonesia. Masyarakat menggunakan Instagram dengan berbagai macam tujuan. Salah satu tujuan seseorang menggunakan Instagram adalah sebagai media personal branding. Personal Branding merupakan sebuah kegiatan bagaimana seseorang membentuk dan mempengaruhi cara berpikir orang lain tentang dirinya. Dewasa ini, pembentukan personal branding tidak hanya dilakukan pada dunia nyata, tetai juga dunia maya. Pembentukan personal branding pada dunia maya dapat dikatakan sebagai bentuk self packaging yang dilakukan oleh seorang individu dalam memasarkan dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan personal branding yang dilakukan oleh seorang individu melalui akun Instagram yang dimiliki. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan akun Instagram @fajaralfian95 dan @rianardianto sebagai objek penelitian. Peneliti mengambil lima puluh (50) unggahan dari masing-masing akun untuk dijadikan unit analisis. Dari lima puluh (50) unggahan tersebut kemudian dianalisis berdasarkan konsep personal branding yang digunakan. Hasil dalam penelitian menunjukan Fajar dan Rian melakukan pengelolaan personal branding melalui konten yang diunggah pada akun Instagram @fajaralfian95 dan @rianardianto. Pengelolaan personal brand yang dilakukan keduanya tidak lepas dari fitur Instagram yang mereka gunakan. Fajar membentuk personal brand dirinya sebagai seorang atlet yang friendly dan ceria. Sedangkan Rian membentuk personal brand dirinya sebagai seorang atlet yang cool, dan juga saleh.