Pengaruh Sumber Pesan Nofita Pita Henderson Terhadap Brand Awareness Animal Cruelty Free Dalam Kosmetik Pada YouTube Dengan Judul “Makeup Brand Yang Di Test Ke Hewan

Main Author: Wulandari, Novita Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/169018/
Daftar Isi:
  • Saat ini banyak bermunculan aksi pembelaan kekerasan pada binatang dari forum – forum pecinta binatang maupun secara personal. Salah satu aksi pembelaan terhadap binatang yaitu kampanye yang menyuarakan kesejahteraan binatang. Kampanye kekerasan terhadap hewan memiliki berbagai macam bentuk salah satunya yaitu mengenai animal cruelty free pada kosmetik. Kampanye animal cruelty free pada kosmetik yang dilakukan tidak sedikit dari kalangan selebriti dengan memanfaatkan kehadiran media sosial. YouTube adalah suatu platform media sosial yang memiliki tingkat akses terbanyak selain media sosial lainnya. Salah satu selebriti atau influencer media sosial yang mengkampanyekan animal cruelty free pada kosmetik yaitu Nofita Pita Henderson pada konten video YouTube nya. Video tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran khalayak dalam memilih merek kosmetik secara bijak. Brand awareness adalah suatu kemampuan untuk mengidentifikasi, mengenali, atau mengingat suatu merek dalam kategori suatu produk tertentu dengan melihat seberapa jauh khalayak sadar akan suatu merek tertentu. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh sumber pesan dari Nofita Pita Henderson terhadap brand awareness animal cruelty free dalam kosmetik pada video YouTube dengan judul “Makeup Brand Yang Di Test Ke Hewan”. Variabel independen yang diuji dalam penelitian ini adalah sumber pesan dengan indikator expertise, trustworthiness, dan likability yang diuji pengaruhnya terhadap varuabel dependennya yaitu brand awareness. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Indonesia yang menonton video YouTube oleh Nofita Pita Henderson dengan judul “Makeup Brand Yang Di Test Ke Hewan”. Jumlah responden dalam penelitian ini ditetapkan sejumlah 100 responden yang dipilih menggunakan metode simple random sampling dengan menggunakan teknik analisis data regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian menunjukkan variabel sumber pesan berpengaruh secara signifikan terhadap brand awareness. Kemudian, expertise merupakan indikator dari sumber pesan yang paling dominan dan berpengaruh terhadap brand awareness animal cruelty free dalam kosmetik.