Pengaruh Source Credibility DANCOW Experts Sharing Pada Media Sosial DANCOW

Main Author: Syazita, Filza
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/169016/
Daftar Isi:
  • Kredibilitas komunikator (source credibility) memiliki peran penting dalam memberikan pengaruh pada penerimaan pesan. Brand DANCOW membuat sebuah program pada akun media sosialnya yaitu DANCOW Experts Sharing yang membantu followers DANCOW mendapatkan informasi mengenai parenting dari DANCOW Experts. Kredibilitas para experts menjadi penting dalam meningkatkan customer engagement karena peran experts sebagai sumber informasi yang menjawab pertanyaan followers DANCOW mengenai parenting. Customer engagement merupakan sebuah tahap ketika fisik, kognitif, dan emosi pelanggan muncul pada hubungan dengan pelayanan perusahaan atau organisasi. Media sosial menyediakan kesempatan untuk menghubungkan pelanggan, sehingga menciptakan kebutuhan dari konsep customer engagement. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh source credibility DANCOW Experts Sharing terhadap customer engagement pada media sosial DANCOW. Variabel independen yang diuji dalam penelitian ini adalah source credibility dengan indikator expertise dan trustworthiness yang diuji pengaruhnya terhadap variabel dependen yaitu customer engagement pada media sosial DANCOW. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 132 orang yang terdiri followers akun Instagram resmi DANCOW dan visitors dari fan page Facebook DANCOW yang telah memberikan pertanyaan dalam program DANCOW Expert tanggal 25 Juli 2018 dengan tema “Si Kecil sedang aktif – aktifnya tapi susah makan?” bersama DANCOW Experts yaitu DR. Rita Ramayulis, DPC, M.Kes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel source credibility berpengaruh signifikan terhadap customer engagement. Expertise merupakan indikator source credibility yang paling dominan dan memiliki pengaruh terhadap customer engagement pada media sosial DANCOW.