Pengembangan Sistem Informasi Penyambungan Baru Listrik Khusus Pelanggan Getting Electricity Berbasis Web Pada Pt.Pln (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Gresik
Main Author: | Rusbandi, Mahda Dina Alam |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/169012/1/Mahda%20Dina%20Alam%20Rusbandi%20%282%29.pdf http://repository.ub.ac.id/169012/ |
ctrlnum |
169012 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/169012/</relation><title>Pengembangan Sistem Informasi Penyambungan
Baru Listrik Khusus Pelanggan Getting Electricity
Berbasis Web Pada Pt.Pln (Persero) Distribusi Jawa
Timur Area Gresik</title><creator>Rusbandi, Mahda Dina Alam</creator><subject>006.707 2 Web sites--research</subject><description>Proses internal pada PT.PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Gresik terdapat
kendala dalam melayani penyambungan baru listrik dimana setiap divisi belum
terkoordinasi secara optimal dalam menyampaikan informasi sehingga Divisi
Pelayanan Pelanggan harus bertanya pada setiap divisi untuk mengetahui
perkembangan dalam proses penyambungan listrik setiap pelanggan getting
electricity yang merupakan pelanggan bisnis dan industri dengan daya 100-200
kVA. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, diperlukan alat bantu sistem
informasi yang memiliki fungsi melacak proses penyambungan baru listrik. Dalam
mengembangkan sistem informasi dilakukan pemodelan proses bisnis, analisis
persyaratan, perancangan dan implementasi menggunakan metode Waterfall
dengan menerapkan pendekatan berorientasi objek pada Sistem Informasi
Penyambungan Baru Listrik. Setelah itu, hasil implementasi sistem diuji untuk
mengetahui sistem dapat berjalan sesuai dengan persyaratan yang telah
teridentifikasi. Kegiatan pemodelan proses bisnis menghasilkan model proses
bisnis As-Is dan proses bisnis To-Be, analisis persyaratan menghasilkan
identifikasi persyaratan sistem, serta visualisasi kemampuan sistem dalam
diagram use case. Hasil perancangan sistem merupakan dokumentasi model
interaksi objek ke dalam diagram sequence, model objek dalam diagram kelas,
rancangan basis data, rancangan antarmuka dan pseudocode. Hasil implementasi
merupakan Sistem Informasi Penyambungan Baru Listrik berbasis web yang diuji
dengan menunjukkan hasil pengujian bernilai valid pada pengujian validasi, hasil
pengujian bernilai valid dengan resolusi layar yang berbeda pada pengujian
responsivitas tampilan, dan kompabilitas pada browser pada pengujian
compability.</description><date>2019-01-02</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/169012/1/Mahda%20Dina%20Alam%20Rusbandi%20%282%29.pdf</identifier><identifier> Rusbandi, Mahda Dina Alam (2019) Pengembangan Sistem Informasi Penyambungan Baru Listrik Khusus Pelanggan Getting Electricity Berbasis Web Pada Pt.Pln (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Gresik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FILKOM/2019/201/051902371</relation><recordID>169012</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Rusbandi, Mahda Dina Alam |
title |
Pengembangan Sistem Informasi Penyambungan
Baru Listrik Khusus Pelanggan Getting Electricity
Berbasis Web Pada Pt.Pln (Persero) Distribusi Jawa
Timur Area Gresik |
publishDate |
2019 |
topic |
006.707 2 Web sites--research |
url |
http://repository.ub.ac.id/169012/1/Mahda%20Dina%20Alam%20Rusbandi%20%282%29.pdf http://repository.ub.ac.id/169012/ |
contents |
Proses internal pada PT.PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Gresik terdapat
kendala dalam melayani penyambungan baru listrik dimana setiap divisi belum
terkoordinasi secara optimal dalam menyampaikan informasi sehingga Divisi
Pelayanan Pelanggan harus bertanya pada setiap divisi untuk mengetahui
perkembangan dalam proses penyambungan listrik setiap pelanggan getting
electricity yang merupakan pelanggan bisnis dan industri dengan daya 100-200
kVA. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, diperlukan alat bantu sistem
informasi yang memiliki fungsi melacak proses penyambungan baru listrik. Dalam
mengembangkan sistem informasi dilakukan pemodelan proses bisnis, analisis
persyaratan, perancangan dan implementasi menggunakan metode Waterfall
dengan menerapkan pendekatan berorientasi objek pada Sistem Informasi
Penyambungan Baru Listrik. Setelah itu, hasil implementasi sistem diuji untuk
mengetahui sistem dapat berjalan sesuai dengan persyaratan yang telah
teridentifikasi. Kegiatan pemodelan proses bisnis menghasilkan model proses
bisnis As-Is dan proses bisnis To-Be, analisis persyaratan menghasilkan
identifikasi persyaratan sistem, serta visualisasi kemampuan sistem dalam
diagram use case. Hasil perancangan sistem merupakan dokumentasi model
interaksi objek ke dalam diagram sequence, model objek dalam diagram kelas,
rancangan basis data, rancangan antarmuka dan pseudocode. Hasil implementasi
merupakan Sistem Informasi Penyambungan Baru Listrik berbasis web yang diuji
dengan menunjukkan hasil pengujian bernilai valid pada pengujian validasi, hasil
pengujian bernilai valid dengan resolusi layar yang berbeda pada pengujian
responsivitas tampilan, dan kompabilitas pada browser pada pengujian
compability. |
id |
IOS4666.169012 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2021-10-28T06:53:23Z |
last_indexed |
2021-10-28T06:53:23Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751454140070887424 |
score |
17.538404 |