Pengembangan Sistem Informasi Penyambungan Baru Listrik Khusus Pelanggan Getting Electricity Berbasis Web Pada Pt.Pln (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Gresik

Main Author: Rusbandi, Mahda Dina Alam
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/169012/1/Mahda%20Dina%20Alam%20Rusbandi%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/169012/
ctrlnum 169012
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/169012/</relation><title>Pengembangan Sistem Informasi Penyambungan&#xD; Baru Listrik Khusus Pelanggan Getting Electricity&#xD; Berbasis Web Pada Pt.Pln (Persero) Distribusi Jawa&#xD; Timur Area Gresik</title><creator>Rusbandi, Mahda Dina Alam</creator><subject>006.707 2 Web sites--research</subject><description>Proses internal pada PT.PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Gresik terdapat&#xD; kendala dalam melayani penyambungan baru listrik dimana setiap divisi belum&#xD; terkoordinasi secara optimal dalam menyampaikan informasi sehingga Divisi&#xD; Pelayanan Pelanggan harus bertanya pada setiap divisi untuk mengetahui&#xD; perkembangan dalam proses penyambungan listrik setiap pelanggan getting&#xD; electricity yang merupakan pelanggan bisnis dan industri dengan daya 100-200&#xD; kVA. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, diperlukan alat bantu sistem&#xD; informasi yang memiliki fungsi melacak proses penyambungan baru listrik. Dalam&#xD; mengembangkan sistem informasi dilakukan pemodelan proses bisnis, analisis&#xD; persyaratan, perancangan dan implementasi menggunakan metode Waterfall&#xD; dengan menerapkan pendekatan berorientasi objek pada Sistem Informasi&#xD; Penyambungan Baru Listrik. Setelah itu, hasil implementasi sistem diuji untuk&#xD; mengetahui sistem dapat berjalan sesuai dengan persyaratan yang telah&#xD; teridentifikasi. Kegiatan pemodelan proses bisnis menghasilkan model proses&#xD; bisnis As-Is dan proses bisnis To-Be, analisis persyaratan menghasilkan&#xD; identifikasi persyaratan sistem, serta visualisasi kemampuan sistem dalam&#xD; diagram use case. Hasil perancangan sistem merupakan dokumentasi model&#xD; interaksi objek ke dalam diagram sequence, model objek dalam diagram kelas,&#xD; rancangan basis data, rancangan antarmuka dan pseudocode. Hasil implementasi&#xD; merupakan Sistem Informasi Penyambungan Baru Listrik berbasis web yang diuji&#xD; dengan menunjukkan hasil pengujian bernilai valid pada pengujian validasi, hasil&#xD; pengujian bernilai valid dengan resolusi layar yang berbeda pada pengujian&#xD; responsivitas tampilan, dan kompabilitas pada browser pada pengujian&#xD; compability.</description><date>2019-01-02</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/169012/1/Mahda%20Dina%20Alam%20Rusbandi%20%282%29.pdf</identifier><identifier> Rusbandi, Mahda Dina Alam (2019) Pengembangan Sistem Informasi Penyambungan Baru Listrik Khusus Pelanggan Getting Electricity Berbasis Web Pada Pt.Pln (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Gresik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FILKOM/2019/201/051902371</relation><recordID>169012</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Rusbandi, Mahda Dina Alam
title Pengembangan Sistem Informasi Penyambungan Baru Listrik Khusus Pelanggan Getting Electricity Berbasis Web Pada Pt.Pln (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Gresik
publishDate 2019
topic 006.707 2 Web sites--research
url http://repository.ub.ac.id/169012/1/Mahda%20Dina%20Alam%20Rusbandi%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/169012/
contents Proses internal pada PT.PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Gresik terdapat kendala dalam melayani penyambungan baru listrik dimana setiap divisi belum terkoordinasi secara optimal dalam menyampaikan informasi sehingga Divisi Pelayanan Pelanggan harus bertanya pada setiap divisi untuk mengetahui perkembangan dalam proses penyambungan listrik setiap pelanggan getting electricity yang merupakan pelanggan bisnis dan industri dengan daya 100-200 kVA. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, diperlukan alat bantu sistem informasi yang memiliki fungsi melacak proses penyambungan baru listrik. Dalam mengembangkan sistem informasi dilakukan pemodelan proses bisnis, analisis persyaratan, perancangan dan implementasi menggunakan metode Waterfall dengan menerapkan pendekatan berorientasi objek pada Sistem Informasi Penyambungan Baru Listrik. Setelah itu, hasil implementasi sistem diuji untuk mengetahui sistem dapat berjalan sesuai dengan persyaratan yang telah teridentifikasi. Kegiatan pemodelan proses bisnis menghasilkan model proses bisnis As-Is dan proses bisnis To-Be, analisis persyaratan menghasilkan identifikasi persyaratan sistem, serta visualisasi kemampuan sistem dalam diagram use case. Hasil perancangan sistem merupakan dokumentasi model interaksi objek ke dalam diagram sequence, model objek dalam diagram kelas, rancangan basis data, rancangan antarmuka dan pseudocode. Hasil implementasi merupakan Sistem Informasi Penyambungan Baru Listrik berbasis web yang diuji dengan menunjukkan hasil pengujian bernilai valid pada pengujian validasi, hasil pengujian bernilai valid dengan resolusi layar yang berbeda pada pengujian responsivitas tampilan, dan kompabilitas pada browser pada pengujian compability.
id IOS4666.169012
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-28T06:53:23Z
last_indexed 2021-10-28T06:53:23Z
recordtype dc
_version_ 1751454140070887424
score 17.538404