Analisis Kebutuhan Pengguna Aplikasi Ruangguru Menggunakan Metode Fuzzy Kano
Main Author: | Shofi, Sarah Anindya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/168953/1/Sarah%20Anindya%20Shofi%20%282%29.pdf http://repository.ub.ac.id/168953/ |
Daftar Isi:
- Ruangguru adalah bimbingan belajar online yang menawarkan produknya yang memiliki solusi terlengkap hanya dalam sebuah aplikasi kepada siswa/i atau pelajar Indonesia. Peneliti melakukan wawacara dengan pengguna Aplikasi Ruangguru, penggunaan Ruangguru itu sendiri cukup memiliki pengaruh postif dalam proses pembelajaran. Tetapi ada beberapa permasalahan yang dirasakan oleh pengguna Ruangguru. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis Aplikasi Ruangguru dengan cara mengidentifikasi, mengategorikan, dan memprioritaskan kebutuhan berdasarkan kepuasan pengguna Aplikasi Ruangguru sehingga dapat mengurangi permasalahan pengguna aktif yang dapat meningkatkan kualitas Aplikasi Ruangguru. Metode yang digunakan adalah Fuzzy Kano. Kano Model diekstensi dengan menggunakan konsep Fuzzy yang disebut dengan Fuzzy Kano. Fuzzy Kano merupakan teknik pengembangan produk secara kuantitatif dan obyektif berdasarkan penilaian dari kepuasan pelanggan untuk meningkatkan kualitas produk. Dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling sehingga target minimal respoden sebesar 97 responden. Penyebaran kuesioner kepada responden dengan kriteria siswa/I yang menggunakan Aplikasi Ruangguru dan sedang berada di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) di Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, dan Bekasi JABODETABEK. Hasil dari penelitian ini, terdapat 35 requirement berdasarkan kebutuhan pengguna pada Aplikasi Ruangguru yang dibagi menjadi 3 kelompok berdasarkan proses bisnis dari layanan Ruangguru, terdiri dari: 26 requirement pada proses Ruangbelajar, 6 requirement pada proses Digitalbootcamp, 3 requirement pada proses pembelian. Dari 35 requirement yang didefinisikan sebagai fitur aplikasi, 12 fitur termasuk ke dalam kategori one-dimensional. Terdapat tujuh fitur termasuk kategori attractive quality attribute. Enam belas fitur termasuk ke kategori indifferent quality attribute. Prioritas paling tinggi yaitu, fitur “Mendapatkan penjelasan jawaban” pada kategori one-dimensional, “Mengerjakan kuis” pada kategori attractive quality, “Melihat penjelasan tutor (teks)” pada kategori Indifferent quality.