Pengembangan Perangkat Lunak Playon Sebagai Platform Untuk Sewa Dan Menyewa Tempat Olahraga Berbasis Web

Main Author: Zein, A. Muammar
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/168924/1/A.%20Muammar%20Zein%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/168924/
Daftar Isi:
  • Di zaman modern ini, teknologi informasi mengalami perkembangan yang sangat pesat. Sehingga berpengaruh terhadap kekuatan pada sektor bisnis, tidak terkecuali bisnis penyewaan tempat olahraga. Kini, untuk menerapkan teknologi informasi yang memadai, tempat olahraga kecil maupun besar tidak perlu khawatir untuk mengalokasikan dana yang banyak. Dengan tujuan menghasilkan keuntungan serta dapat bersaing dalam pasar yang lebih luas. Salah satunya adalah menggunakan teknologi informasi berbasis online yang disebut sebagai ecommerce. Perkembangan e-commerce ini juga dibarengi dengan berkembangnya payment gateway. Perpaduan antara e-commerce dan payment gateway diharapkan dapat menjadi solusi dalam permasalahan yang ada bisnis penyewaan tempat olahraga yang saat ini terjadi. Permasalahan pertama yang terjadi yaitu adanya pemesan yang merasa kesulitan mencari tempat olahraga disekitarnya yang sesuai dengan keinginannya. Permasalahn kedua yaitu dalam pencatatan transaksi pemesanan tempat olahraga masih dilakukan secara manual sehingga pemilik tempat olahraga seringkali kesulitan dalam memanajemen transaksi yang ada pada tempat olahraganya. Kemudian masalah ketiga yaitu pemilik tempat olahraga merasa kesulitan melakukan manajemen penjadwalan dan penentuan harga di tiap tempat olahraganya karena menggunakan sistem penjadwalan per jam. Karena permasalah di atas, maka dikembangkanlah perangkat lunak PlayOn. Dengan proses bisnis sewa-menyewa antara pemilik tempat olahraga ke pelanggan (B2C) maupun pelanggan ke pelanggan (C2C). Pada sistem telah diuji dengan melakukan pengujian unit, pengujian integrasi, dan pengujian validasi yang menghasilkan nilai uji 100% valid, serta melakukan pengujian usability untuk memastikan bahwa perangkat lunak dapat diterima oleh pengguna. Pada pengujian kompatibilitas di dapatkan hasil bahwa perangkat lunak dapat dijalankan ada semua jenis browser dan perangkat android maupun ios