Evaluasi dan Perbaikan Antarmuka Situs Web Koperasi Karyawan PT. Gudang Garam Tbk. Kediri MEKAR Menggunakan Metode Human Centered Design (HCD)

Main Author: Danniswara, Cantya
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/168916/1/Cantya%20Danniswara.pdf
http://repository.ub.ac.id/168916/
Daftar Isi:
  • Koperasi Karyawan (Kopkar) PT. Gudang Garam Tbk. Kediri “MEKAR” merupakan koperasi resmi yang berada dibawah naungan PT. Gudang Garam Tbk. Kediri dan memiliki sebuah situs web yang perlu untuk dilakukan perbaikan terhadap antarmuka penggunanya. Hal ini dikarenakan situs web ini digunakan sebagai ajang promosi dan memberikan informasi yang dibutuhkan oleh pengguna. Metode yang akan digunakan untuk perbaikan situs web Kopkar yaitu Human Centered Design (HCD). HCD merupakan pendekatan untuk mengembangkan sistem interaktif dengan mempertimbangkan atau terpusat pada manusia sehingga fokus pada perancangan sistem yang mudah digunakan. HCD juga memiliki empat tahapan yaitu analisis konteks pengguna, analisis kebutuhan pengguna dan/atau stakeholder, perancangan antarmuka pengguna, dan melakukan evaluasi terhadap situs web yang telah diperbaiki. Fokus evaluasi yang dilakukan pada penelitian ini adalah evaluasi usability. Pada akhir penelitian dilakukan perbaikan antarmuka pengguna dan analisis hasil perbandingan evaluasi desain awal dan desain solusi. Hasil perbandingan evaluasi desain yang didapatkan yaitu pada aspek efektivitas awal desain yaitu 66,4% dan pada desain solusi meningkat sebesar 100%. Pada aspek efisiensi, waktu rata-rata yang dibutuhkan pada awal desain yaitu 45,406 detik dan pada desain solusi sebesar 4,364 detik. Pada aspek kepuasan pengguna menggunakan kuesioner System Usability Scale (SUS), nilai rata-rata yang diperoleh pada awal desain yaitu 38,75 sedangkan untuk desain solusi nilai yang diperoleh sebesar 87,91. Hasil evaluasi membuktikan pebaikan yang dirancang sudah berhasil menyelesaikan masalah.