Prediksi Rating Pada Review Produk Kecantikan Menggunakan Metode Contextual Valence Shifters Dan Regresi Linear

Main Author: Ananta, Nanda Firizki
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/168897/1/Nanda%20Firizki%20Ananta.pdf
http://repository.ub.ac.id/168897/
Daftar Isi:
  • Pada saat ini terdapat berbagai macam produk kecantikan. Dengan adanya berbagai macam produk tersebut pemilihan produk kecantikan yang sesuai kebutuhan perlu dilakukan untuk mendapatkan hasil terbaik. Salah satu cara untuk pemilihan produk kecantikan untuk konsumen adalah dengan melihat review beserta rating dari produk yang akan dibeli. Dengan adanya berbagai sumber review, tidak jarang review tersebut tidak disertai dengan rating sehingga mempersulit konsumen untuk melihat apakah produk yang akan dibelinya merupakan produk yang bagus atau tidak. Oleh karena pada penelitian ini bertujuan untuk mengategorikan review tersebut ke dalam bentuk rating sehingga mempermudah konsumen untuk menentukan produk yang dipilih. Sistem yang dibangun pada penelitian ini menggunakan metode Contextual Valence Shifters dan Regresi Linear serta penggunaan n-gram meliputi bigram, trigram, dan kalimat review. Pada pengujian sistem, hasil tertinggi untuk model pengujian toleransi 0 adalah 21,6% untuk bigram dan trigram sedangkan model pengujian toleransi 1 akurasi tertinggi adalah 66,5% untuk bigram dan untuk sentimen review adalah 62,4% untuk bigram. Dari hasil pengujian yang dilakukan, penggunaan n-gram khususnya bigram berdampak positif pada hasil akurasi sistem.